Cara Menyimpan Mangga yang Tepat Supaya Tidak Cepat Busuk

PrimaDaily – Cara menyimpan mangga yang paling praktis adalah memasukkannya ke dalam kulkas. Namun meski begitu masih ada sebenarnya cara lain yang bisa kita terapkan setelah membeli buah mangga dalam jumlah banyak.

Buah mangga yang disimpan juga bisa beragam. Bergantung kepada anda yang membeli buah mangga tersebut apakah sudah matang atau justru mangga masih mengkal atau mentah. Nah sebagai tips, berikut hal yang bisa anda perhatikan.

1. Simpan dalam Bentuk Hidangan Lain

Bila buah mangga sudah terlalu matang dan stoknya masih banyak, ada baiknya anda olah menjadi sebuah hidangan makanan. Anda bisa memblender buah mangga kemudian bekukan. Dengan begitu anda masih dapat mengonsumsi mangga sebagai minuman smoothies yang menyegarkan.

2. Taruh ke Lemari Es

Seperti yang dikatakan tadi, menyimpan stok buah mangga ke dalam lemari es memang sangatlah praktis. Dengan suhu kulkas sekitar 4 derajat celcius anda sudah bisa menyimpan buah mangga utuh setidaknya hingga 6 hari lamanya. Sebab suhu dingin masih bisa mempertahankan tingkat kematangan buah.

Selain itu anda juga bisa menyimpannya ke bagian freezer. Pada tempat ini buah mangga matang mampu bertahan bahkan lebih dari 1 minggu. Itupun bila anda menyimpannya dengan cara yang benar. Yakni anda bisa memotong-motong buah mangga hingga berbentuk dadu tapi jangan lupa buang bijinya. Setelah itu kemas dalam zipper bag atau wadah kantong plastik bersih. Atur suhu freezer dengan suhu kurang dari 18 derajat celcius. Pastikan mangga dapat beku secara merata.

3. Menyimpan Mangga dalam Suhu Ruang

Cara menyimpan buah mangga selanjutnya yaitu menyimpannya dalam suhu ruang. Namun ini berlaku pada mangga yang belum matang. Oleh sebab itu cek mangga setiap dua hari sekali untuk melihat tingkat kematangan yang pas. Setelah itu cobalah cium aroma mangga atau lihat perubahan warnanya.

Karena menyimpan mangga mentah dalam kulkas biasanya hanya akan menghambat proses pematangan buah mangga itu sendiri. Ini lantaran rendahnya suhu dalam kulkas. Jadi mangga mentah cukup anda simpan pada suhu ruang saja.

Sumber artikel: Primadaily.comCara Menyimpan Mangga yang Tepat Supaya Tidak Cepat Busuk.

Add a Comment