5 Makanan Penyebab Kentut jadi Semakin Bau

Makanan Penyebab Kentut Semakin Bau

PrimaBerita – Pernah menemui seseorang dengan kentut yang bau? Atau anda sendiri sedang mengalaminya. Ternyata, kentut jadi semakin bau karena ada makanan yang menjadi penyebab dari bau tidak sedap tersebut.

Kentut atau buang angin sendiri merupakan sebuah kondisi yang normal bagi seseorang alami.  Kentut terjadi ketika keluarnya gas dalam perut atau pencernaan melalui anus.

Meskipun sangat wajar bila kentut berbau tidak sedap, namun ternyata bau tersebut bisa anda minimalisir. Nah, tentunya dengan menghindari konsumsi jenis-jenis makanan tertentu yang bisa menyebabkan kentut semakin berbau tidak sedap.

Berikut 5 Makanan penyebab kentut jadi semakin bau :

  1. Susu dan produk-produk olahannya

Kandungan laktosa yang tidak terproses dengan baik akan membuat kentut menjadi semakin bau. Selain itu, dalam susu dan produk olahannya juga terdapat senyawa sulfur dan bisa menyebabkan perut kembung. Tubuh akan relative lebih sering mengalami kentut.

  1. Daging Merah

Daging merah seperti sapi, kerbau atau babi juga mengandung metionin, asam amino yang dalamnya terdapat sulfur yang cukup tinggi. Sulfur tersebut yang kemudian menyebabkan bau kentut semakin pekat

  1. Bawang

Seperti yang anda ketahui, bawang merupakan bumbu dapur yang wajib untuk berbagai masakan khas Indonesia. Dalam bawang terdapat kandungan zat bernama fruktosa yang berperan dalam menghasilkan bau. Tidak hanya bau kentut, melainkan juga bau keringat dan bau mulut.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang berwarna hijau yang kaya akan nutrisi, tetapi sayur yang satu ini juga memicu penyebab bau kentut.

Hal ini terjadi karena brokoli memiliki serat yang terlalu tinggi yang justru bisa membuat munculnya gas. Kemudian tidak banyak yang tahu bahwa brokoli mengandung belerang yang membuat gas menjadi bau.

  1. Kacang-kacangan

Tentu anda tahu, bahwa kacang-kacangan selama ini terkenal menyehatkan namun ternyata juga memiliki efek samping. Dalam biji kacang-kacangan umumnya terdapat zat yang bernama rafinosa. Zat tersebut yang memicu bau menyengat .

Untuk itu perhatikan makanan apa yang sering anda konsumsi, apakah termasuk dari kelima makanan tersebut?. Sebaiknya hindari jika ada pertemuan khusus dengan seseorang agar hal yang tidak anda inginkan terjadi.

Add a Comment