Mantan Presiden India Meninggal Usai Terpapar Covid-19

mantan presiden india

PrimaBerita – Mantan presiden negara India, Pranab Mukherjee (84) meninggal dunia senin kemarin (31/08/2020). Menurut lansiran AFP, Pranab meninggal akibat kegagalan organ usai terkonfirmasi covid-19 dan sempat menerima perawatan dari rumah sakit beberapa waktu lalu.

Adapun kabar wafatnya mantan presiden India periode 2012 – 2017 ini disampaikan langsung oleh pihak keluarga.

Selama berkarir sebagai kepala negara, Pranab terkenal sebagai pialang kekuasaan. Namun namanya sempat juga memudar setelah kasus pembunuhan Gandhi. Saat itu ia menjadi saingan bagi putranya dan juga pewaris Rajiv Gandhi untuk kepemimpinan partai kongres.

Selain itu informasinya Pranab Mukherjee sempat pula pisah dari kongres. Tetapi setelah Rajiv Gandhi terbunuh pada tahun 1991 lalu kejayaan politiknya kian pulih. Ia juga pernah menjadi anggota kabinet perdana menteri Indira Gandhi saat ia menangguhkan hak-hak demokrasi dalam darurat yang terkenal pada tahun 1975 – 1977.

Lihat Juga: Pemain Black Panther, Chadwick Boseman Meninggal Dunia

Bukan hanya itu, sang mendiang juga pernah menjadi tangan kanan perdana menteri Manmohan Singh yang berkuasa pada periode 2004 sampai dengan 2014. Adapun dalam tirani pada masa itu, ia menjabat sebagai menteri pertahanan, menteri keuangan, maupun menjadi menteri luar negeri.

Tapi saat Pranab Mukherjee menjabat sebagai menteri keuangan (menkeu) ia terkena kritikan lantaran gagal mendorong upaya liberisasi ekonomi. Hingga pada 2012 lalu, mendiang pindah dari politik aktif. Pranab mengambil peran seremonial sebagai presiden yang menjalani masa jabatan selama 5 tahun.

Oleh karena adanya kabar mantan presiden India periode 2012 – 2017 yang meninggal dunia ini membuat beberapa tokoh publik India buka suara. Salah satunya yaitu perdana menteri Narendra Modi.

“Seorang sarjana par excellence, seorang negarawan yang menjulang tinggi. Dia dikagumi di seluruh spektrum politik,” ungkap Narendra Modi dalam jejaring sosial twitter.

Sementara itu, Ram Nath Kovind selaku presiden India saat ini juga mengatakan bahwa sosok Pranab Mukherjee merupakan seorang raksasa dalam kehidupan publik yang mana melayani India dengan semangat orang yang bijak.

Add a Comment