Ini Smartphone Pertama di Dunia dengan Kamera di Bawah Layar

Smartphone Kamera di Bawah Layar

PrimaBeritaSmartphone pertama di dunia yang kamera berada di bawah layar. Smartphone tersebut bernama ZTE Axon 20 5G, kini sudah tersedia di pasaran.

Kamera bukan satu-satunya komponen yang tak nampak di Axon 20. ZTE ikut menyembunyikan pemindai sidik jari, speaker, dan sensor untuk mendeteksi cahaya sekitar. Sensor ini biasa digunakan agar layar bisa otomatis menyesuaikan kecerahan sesuai kondisi pencahayaan lingkungan.

ZTE Axon 20 5G menggunakan layar dengan panel OLED resolusi full HD 6,29 inci dan refresh rate 90 Hz. Chipset yang digunakan Snapdragon 765G , RAM 8 GB, dan penyimpanan internal (ROM) 256GB. Dilengkapi juga dengan baterai 4.220 mAh dan dukungan pengisi daya cepat 30W.

Kamera yang disematkan punya empat lensa dengan konfigurasi 64 MP, 8 MP, dan dua sensor 2 MP. Sementara untuk kamera selfie menggunakan lensa 32 MP, seperti dikutip BGR.

Sebelumnya, paten soal teknologi kamera di bawah layar ini sempat dipatenkan oleh Xiaomi. Ponsel itu dilego Rp4,7 juta (2.198 yuan).

Smartphone dengan kamera tersembunyi di bawah layar, kini layar ponsel tak lagi terganggu dengan cekukan poni ataupun lubang-lubang yang biasa digunakan untuk menempatkan kamera depan atau selfie.

Dengan demikian, kini vendor ponsel bisa memberikan layar mulus tanpa bezel atau pinggiran ponsel. ZTE Axon 20 5G saat ini tersedia dalam sistem pre-order di China

Menurut ZTE, mereka mesti menghadapi banyak tantangan teknis untuk menciptakan kamera bawah layar ini. Untuk menyeimbangkan performa layar dan kamera, perusahaan itu perlu menggunakan material transparan.

Material transparan ini termasuk materi organik dan anorganik untuk meningkatkan performa kamera. Sebab, material untuk menutup kamera bawah layar harus cukup transparan agar kamera bisa menangkap gambar dan menghasilkan foto yang baik.

Teknologi untuk membuat material transpara itu cukup rumit. Sehingga, saat ini baru ZTE yang mengumumkan kamera depan di bawah layar. Berdasarkan video dari AmazTech, kamera depan yang ada di ponsel ini memang tak terlalu nampak jelas, seperti ditulis Arstechnica.

Sementara itu, lapisan penutup itu juga mesti bisa menampilkan gambar layar dengan baik. Sehingga, chip yang digunakan pada sirkuit driver perangkat ini mesti bisa melakukan sinkronisasi warna ketika layar atau kamera yang aktif.

Add a Comment