Ini 4 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Setelah Makan

PrimaBerita – Semua orang mungkin pernah mengalami ngantuk setelah makan dan tentu mencari cara untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut. Siang hari merupakan jam yang paling banyak orang alami untuk mengantuk.

Rasa ngantuk pada siang hari tentu akan mengganguapalagi jika anda sedang bekerja. Menguap dan mengantuk setelah makan merupakan respons tubuh terhadap perubahan biokimia yang terjadi setelah makan.

Salah satu penyebabnya adalah adanya produksi hormon serotonin dan melatonin yang dapat menyebabkan kantuk. Produksi hormon serotonin bisa meningkat saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Sedangkan, melatonin bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti ceri, pisang, dan oat. Saat mencerna makanan, tubuh juga dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan melatonin.

Berikut cara menghilangkan rasa ngantuk setelah makan

1. Bergeraklah setelah Anda makan

Jika Anda hanya duduk-duduk saja setelah makan, kemungkinan Anda merasa mengantuk setelah makan akan lebih besar.

Beraktivitas dapat meningkatkan aliran darah Anda, sehingga oksigen dan nutrisi dapat dialirkan dengan baik ke seluruh sel-sel tubuh dan Anda menjadi lebih berenergi.

Berjalan setidaknya 15 menit setelah makan atau menaiki tangga membandingkan dengan lift mungkin dapat membantu mencegah kantuk.

2. Pilih makanan Anda dengan bijak

Pada saat makan siang, sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan cukup zat besi. Karbohidrat mengandung glukosa yang dapat memberikan energi bagi tubuh untuk melakukan fungsinya. Zat besi juga perlu untuk memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk meningkatkan tubuh.

Hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan gula tinggi, seperti fast food. Pada pagi hari, sebaiknya pilih makanan yang lebih mudah dicerna dan dapat memberikan energi awal yang cukup untuk memulai aktivitas Anda.

3. Jangan makan terlalu banyak

Jaga porsi makan Anda jangan sampai berlebihan. Makan berlebihan dapat membuat Anda sangat kenyang sekaligus ngantuk. Mengapa menyebabkan ngantuk? Karena untuk mencerna semua makanan itu, tubuh juga membutuhkan lebih banyak energi. Hal ini tentu bisa membuat tubuh Anda merasa lelah dan ngantuk.

4. Minum air putih yang cukup

Pastikan Anda minum air putih yang cukup saat makan. Air putih dapat menghidrasi tubuh Anda, sehingga Anda terhindar dari kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan ngantuk. Ingat, semua organ dalam tubuh Anda membutuhkan air untuk melakukan fungsinya.

Add a Comment