Manfaat Retinol untuk Kecantikan

Prima Berita – Retinol adalah senyawa aktif yang terkandung dalam kebanyakan skincare seperti serum atau essence. Dikutip dari laman Harvard Medical School, retinol adalah zat yang terbuat dari vitamin A. Retinol awalnya digunakan sebagai obat jerawat pada tahun 1970an. Akan tetapi para peneliti menemukan manfaat retinol adalah untuk mencegah penuaan.

Banyak orang yang percaya bahwa selain mencegah penuaan, retinol juga bisa bikin wajah jadi cerah, bersih, dan berseri. Benarkah itu? Sobat prima, inilah beberapa manfaat retinol untuk kecantikan yang telah kami rangkum. Check it out guys!

Manfaat retinol pada jerawat bisa dilihat dari cara kerjanya. Retinol bekerja membuka sumbatan pori-pori, agar zat di dalam obat jerawat bisa meresap ke dalam kulit lebih baik untuk membunuh bakteri. Selain itu, retinol juga bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak di wajah dan mencegah peradangan kulit.

  • Mencegah keriput di wajah akibat penuaan

Manfaat retinol khususnya jenis tretinoin dapat mencegah munculnya keriput atau garis halus di wajah. Tretinoin bekerja meningkatkan produksi kolagen baru di dalam kulit. Selain itu, retinol juga merangsang aliran darah kulit yang bisa membuat kulit jadi tampak cerah kemerahan. Manfaat retinol lainnya adalah memudarkan bintik-bintik hitam akibat penuaan dan mengurangi bintik kulit pra-kanker yang disebut actinic keratosis. Tretinoin juga dapat membantu mencegah efek radiasi ultraviolet yang lebih serius pada kulit wajah.

  • Mengendalikan gejala psoriasis

Retinoid mempunyai manfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kulit pada orang dengan psoriasis. Jika kalian memiliki psoriasis, dokter akan menganjurkan untuk mengoleskan setetes kecil krim retinol, sekali sehari sebelum tidur.

  • Mengobati kutil

Manfaat retinol lainnya adalah dengan menggangu pertumbuhan sel kutil. Dengan retinol, kutil pada kulit akan terganggu pertumbuhannya dan menghilang kemudian. Retinol untuk pengobatan kutil bisa diperoleh lewat resep dan cara pakai yang tepat dari anjuran dokter. Krim mungkin perlu digunakan selama beberapa bulan sampai kutil menghilang.

Namun selain memiliki manfaat, retinol ternyata juga memiliki efek samping loh pada kulit. Jangan lupa untuk membaca artikel “Efek Samping Retinol untuk Kecantikan” ya guys!

Add a Comment