Terbesar Se-Indonesia, Ini Penampakan Sapi Kurban Jokowi Untuk NTB

sapi kurban jokowi

PrimaBerita – Di momen hari raya idul adha 1441 H ini, sapi kurban kembali disumbangkan oleh presiden Jokowi untuk masyarakat Lombok, NTB (Nusa Tenggara Barat). Tak tanggung-tanggung bobot sapi memiliki berat lebih dari 1 ton.

Melihat bobot hewan kurban tersebut maka sapi kurban presiden Jokowi disebut sebagai sapi terbesar se-Indonesia.

“Berat sapi pak presiden itu 1,3 ton ya. Itu terberat se-Indonesia,” beber sekretaris dinas peternakan Nusa Tenggara Barat, Iskandar.

Baca Juga: Sederet Makanan Idul Adha dari Penjuru Indonesia

Adapun sapi kurban seharga Rp 130 juta tersebut dibeli oleh presiden dari salah seorang warga di kecamatan Sukamulia kabupaten Lombok Timur, Herman. Iskandar juga mengatakan bahwa sapi tersebut telah melalui tahap/proses seleksi. Serta sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sapi oleh Balai Besar Veteriner Denpasar. Sapi yang akan disembelih mempunyai hasil pemeriksaan kesehatan yang sehat.

“Sapi tersebut dalam keadaan sehat setelah kami ambil sampel darahnya. Kemudian dikirimkan ke BBAVET. Diperiksa dan hasilnya sapi itu sehat,” papar Iskandar.

Kini sapi tersebut sudah dibawa ke Islamic Centre dan rencananya sapi seberat 1,3 ton akan dikurbankan pada hari esok, sabtu (01/08/2020). Terkait penyembelihan sapi yang dipilih hari sabtu dinilai karena pertimbangan hari raya idul adha yang jatuh pada hari ini. Dan juga dikarenakan waktu yang singkat.

Telepas dari itu, berkurban memang menjadi salah satu hal baik yang dianjurkan bagi umat islam kepada orang yang mampu menunaikannya. Penyembelihan hewan kurban juga tak terlepas dari bagian momen hari raya, seperti idul adha.

Menurut Abdul Mu’ti, sekretaris umum PP Muhammadiyah, kegiatan berkurban adalah sebentuk tanda syukur atas karunia Allah. Kurban juga dimaknai sebagai momentum untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan.

Add a Comment