Virus Corona Bisa Menular ke Orang Melalui Mata, Benarkah?

Virus Corona Bisa Menular Melalui Mata

PrimaBerita – Tidak hanya dari hidung dan mulut, virus corona disebut bisa menular dari satu orang ke orang lain melalui mata. Seperti yang diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan saat pandemi virus Corona pertama kali muncul. Hal pertama yang dilakukan adalah mengenakan masker dan penutup hidung.

Ini karena jalur transmisi COVID-19 yang paling umum adalah droplet yang dapat masuk lewat hidung dan mulut.

Lalu benarkah virus corona bisa menular ke orang lain melalui mata?

Dikutip dariĀ Medical Daily, Joseph Fair, seorang virolog menceritakan bahwa ia mengidap COVID-19 setelah melakukan perjalanan dengan pesawat terbang yang penuh sesak dan pramugari tidak mengenakan masker. Ia sendiri memakan sarung tangan dan masker tetapi tak mengenakan pelindung mata.

Jadi Ia menduga bahwa dirinya terinfeksi melalui rute mata. Menurutnya orang-orang saat ini harus sudah mengenakan pelindung mata.

Namun sebagian besar para ahli masih tidak yakin dengan pendapat yang diberikan oleh Fair, Hal tersebut dilalukan karena masih banyaknya fakta yang belum diketahui pasti soal virus corona tersebut.

Saat ini para ilmuwan masih berusaha untuk memahami mengapa terjadi penularan lewat mata.

Seorang peneliti dan profesor oftalmologi di Fakultas Kedokteran Johns Hopkins. Elia Duh, MD mengatakan. Jika ada droplet yang dihasilkan oleh individu yang terinfeksi dengan batuk atau bersin atau bahkan berbicara, maka bagian depan mata terpapar langsung, seperti halnya saluran hidung yang terpapar.

“Selain itu, orang banyak menggosok dan menyentuh mata mereka. Jadi sudah pasti ada kerentanannya,” sambungnya.

Karenanya ia menyarankan pada saat ini, mengenakan beberapa perlindungan ekstra tidak akan merugikan sembari terus mengikuti tindakan pencegahan seperti jaga jarak dan mencuci tangan dengan air dan sabun secara rutin.

Add a Comment