Pekerjaan yang Bisa Vs yang Tidak Bisa Dilakukan Oleh Robot

Pekerjaan yang Tidak Bisa Dilakukan Oleh Robot

PrimaBerita – Meski robot disebut bisa melakukan berbagai hal termasuk urusan pekerjaan manusia, akan tetapi masih ada beberapa pekerjaan manusia yang disebut tidak akan bisa dilakukan oleh robot cerdas sekalipun.

Dunia memang sedang berada pada puncak revolusi industri keempat, dimana mesin-mesin telah mampu melakukan banyak tugas manusia yang menciptakannya.

Baca Juga: Penemuan Teknologi Ini Kehadirannya Disesali Oleh Penemunya Sendiri Lho!

Bahkan sampai tidak menutup kemungkinan kalau hasil mesin robot jauh lebih baik dibanding manusia sendiri dalam hal pengerjaan tugas-tugas.

Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Oleh Robot

Robot diciptakan oleh manusia karena perkembangan ilmu pengetahuan yang amat pesat. Bahkan beberapa kampus di dunia telah membuka jurusan robotik. Hal ini tentu dikarenakan manfaat robot dimasa mendatang akan semakin membuat manusia menjadi tinggal tenang dan terima bersih akan sejumlah tugas-tugasnya.

Mengutip dari sebuah sumber, setidaknya ada sebanyak 10 jenis pekerjaan (profesi) manusia yang bisa digantikan oleh robot.

  • Pemeriksa Asuransi Properti

  • Petani

  • Pelayan Restoran

  • Agen Perjalanan

  • Pemandu Wisata (Tour Guide)

  • Pegawai Bea Cukai

  • Petugas Kantor Pos

  • Kurir

  • Operator Telepon

  • Petugas ATC

Pekerjaan yang Tidak Bisa Dilakukan Oleh Robot

Nampaknya sejumlah profesi di bawah ini memang tidak akan bisa dilakukan oleh robot.

Psikiater

Mungkin akan ada robot yang diprogram untuk bertanya kepada manusia dengan mengatakan “ceritakan apa yang sedang anda rasakan sekarang”.

Namun secanggih apapun robot yang dirancang, mesin tidak akan pernah mengerti jiwa serta perasaan emosional seorang manusia. Sementara itu empati disebut merupakan sesuatu yang tidak bisa diprogram ke dalam sebuah robot.

Dokter Bedah

Menjadi dokter bedah adalah salah satu hal yang tidak bisa digantikan oleh robot. Pasalnya robot tidak cukup akurat untuk melakukan pekerjaan manusia layaknya seperti dokter pada umumnya. Terlebih robot belum dapat dipercaya untuk menggantikan sentuhan manusia karena pasiennya adalah manusia.

Insinyiur Robot

Robot pintar dihasilkan dari manusia yang lebih pintar dari robot pintar. Oleh karena itu insinyiur robot harus tetap ada agar semakin menciptakan berbagai macam robot pintar. Dan hal ini belum dapat dipercayai bahwa robot akan bisa membuat robot lainnya yang lebih pintar dari sang robot.

Add a Comment