9 Sektor Dibuka Kembali, Rupiah di Bawah Rp 14.000

9-sektor-dibuka-kembali-rupiah-mengalami-penguatan

PrimaBerita – Doni Monardo, ketua gugus tugas percepatan penanganan covid-19 menyampaikan bahwa ada 9 sektor yang ditetapkan dibuka kembali untuk melakukan aktivitas operasi. Kesembilan sektor tersebut yaitu sektor pertambangan, logistik, transportasi barang, pertanian dan peternakan, perikanan, perkebunan, konstruksi, perminyakan, serta sektor industri.

Doni mengutarakan dalam pembukaan sektor-sektor tersebut dilakukan oleh kementerian masing-masing terkait. Dimulai dengan edukasi, sosialisasi, dan juga simulasi bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan covid yang ketat.

“Protokol pelaksanaan dimasing-masing sektor dibuat oleh kementerian/lembaga terkait,” imbuh Doni Monardo dalam keterangannya.

Maka terkait hal ini, Menko Perekonomian menilai sambutan yang positif bagi pasar. Pasalnya pada jumat siang (05/06/2020) rupiah mengalami penguatan menjadi Rp 13.885,-/USD di pasar spot.

“Apa yang kita lihat hari ini nilai tukar rupiah sudah di bawah Rp 14.000 per dollar AS dan indeks harga saham yang naik menunjukkan apa yang pemerintah dan gugus tugas lakukan berada pada jalur yang tepat. Airlangga mengakui, nilai tukar maupun indeks masih akan berfluktuasi,” ucap Menko Perekonomian Airlangga Hartanto dalam keterangannya, sabtu, 6 juni 2020.

Menurut dia, pemerintah akan berupaya terus menciptakan masyarakat yang aman dan produktif. Dan itu juga masih akan dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Pemberian izin bagi sektor industri maupun daerah-daerah dalam menjalanankan new normal (normal baru) pun dilakukan secara teliti serta bertahap.

“Saat ini gugus tugas telah memiliki sistem monitoring dan evaluasi yang dinamakan BLC. Hanya daerah yang statusnya berada di zona hijau dan kuning yang diperbolehkan untuk menjalankan masyarakat produktif dan aman covid-19. Kita terus berupaya agar daerah yang berstatus merah dan oranye bisa berubah menjadi kuning atau hijau,” papar Airlangga.

Dengan penetapan 9 sektor industri yang boleh dibuka kembali untuk melakukan aktivitas operasinya, ia pun yakin bahwa sektor ekonomi akan bergerak optimis.

“Sehingga angka pengangguran dapat ditekan serendah mungkin,” katanya.

Add a Comment