4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Masker

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Masker

PrimaBerita – Meski masker disebut efektif dalam mencegah penularan virus penyakit akan tetapi ada sejumlah kesalahan yang sering dilakukan saat memakai masker. Dan hal ini tentu seringkali masih kurang diperhatikan oleh para pengguna masker.

Dalam panduan WHO, semua orang diwajibkan untuk menggunakan masker ketika berada di ruang-ruang publik atau tempat umum. Belum lama ini sebuah studi yang dinaungi WHO membuktikan bahwa memakai masker serta menjaga jarak mampu menurunkan resiko penyakit hingga 85%.

Baca: Wilayah Penularan Covid-19 Tertinggi Saat Ini di Kota Medan

Oleh karena itu untuk mencegah penyebaran wabah penyakit, seseorang perlu memasang masker dengan cara yang benar. Maka perhatikanlah 4 kesalahan yang sering diabaikan saat memakai masker agar anda tidak mengulanginya kembali.

Hanya Menutupi Mulut

Kesalahan yang pertama yaitu masker yang dikenakan hanya menutupi mulut saja. Namun pemasangan masker seperti ini disebut masih bisa menimbulkan resiko penularan.

Oleh sebab itu masker disarankan juga untuk sampai ke pangkal hidung. Pasalnya bila seseorang mengenakan masker hanya di mulut atau hanya sampai di ujung hidung, hal ini bisa memberikan celah bagi virus untuk keluar masuk melalui bagian atas masker yang dipakai.

Mengalungkan Masker

Mengalungkan masker pada bagian dagu saat sedang berbicara juga merupakan salah satu kesalahan dalam mengenakan masker. Dicontohkan dengan virus corona. Jika virus tersebut menempel pada pakaian, wajah maupun bagian tubuh lainnya, kemudian masker yang dipakai telah mengenai hal-hal tersebut maka bisa menjadi masalah.

“Jangan tempatkan masker di dagu atau leher. Karena bisa saja ada virus menempel di leher, dan anda jadi terinfeksi saat mengenakan masker kembali,” kata seorang asisten profesor riset di Universitas Georgetown, Erin Sorrel.

Memakai Masker yang Terlalu Longgar
Erin Sorrel mengatakan bahwa masker kain atau masker medis perlu dipastikan benar-benar pas di wajah.

“Pada masker medis atau masker kain, pastikan masker benar-benar pas di wajah anda. Anda harus nyaman dan tetap aman saat memakainya, jangan sampai longgar dan merosot ke bawah,” ucap Sorrel.

Bersihkan Masker

Disarankan untuk memastikan masker selalu bersih setiap hari atau setiap kali dipakai. Bila masker sudah tak layak pakai atau terlihat kotor sekali dan rusak ada baiknya masker diganti dengan yang baru.

Add a Comment