Kronologi dan Video Habib Assegaf Mendorong Petugas PSBB Hingga Dipolisikan

Habib Assegaf Mendorong Petugas PSBB

PrimaBerita – Sebuah video dengan durasi 1 menit 30 detik menjadi viral di media sosial. Pasalnya didalam video tersebut seorang habib yang bernama Assegaf memarahi hingga mendorong petugas PSBB Surabaya yang sedang menjalankan tugas.

Umar Assegaf, Pengasuh Majelis Roudhotus Salaf, Bangil, Pasuruan. Pria yang sering disebut Habib Umar Assegaf memarahi petugas PSBB di pos check point exit Tol Bundaran Satelit, Surabaya.

Begini kronologi Habib Assegaf mendorong Petugas PSBB

Petugas PSBB menghentikan kendaraan Toyota Camry dengan Nopol N 1 B dari arah Malang yang akan masuk Kota Surabaya. Namun karena sang sopir tidak mengenakan masker, dan jumlah penumpang mobil melebihi kapasitas, kendaraan tersebut diminta putar balik.

Lalu Habib Assegaf turun dari mobil dan memarahi hingga mendorong petugas. Dalam video yang viral di media sosial, tampak sang habib juga berkali-kali mendorong petugas dan sempat mengacungkan kepalan tangan. Ia tak terima disuruh putar balik sama petugas setelah melanggar aturan PSBB.

Puncaknya, habib itu mendorong seorang petugas Satpol PP. Petugas Satpol PP pun sempat terpancing dengan mendorong balik. Bahkan keduanya nyaris terlibat adu pukul di lokasi.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, Kompol Teddy Candra, mengatakan kejadian itu terjadi pada hari Rabu (20/5) sekitar pukul 5 sore.  Kamis (21/5/2020).

Teddy menjelaskan, sang habib marah-marah karena tidak terima disuruh putar balik oleh petugas di pos check point, karena tidak mematuhi aturan PSBB.

Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan petugas sudah sesuai SOP yang tertuang dalam Perwali Surabaya. Ketika ada pengendara roda 4 dari luar kota yang tidak mematuhi aturan maka akan disuruh putar balik.

Namun setelah adanya aksi dorong mendorong akhirnya habib itu kembali masuk mobil. Kendaraan tersebut tak jadi masuk Surabaya dan putar balik ke daerah asal.

Berikut video Selengkapnya : 

 

Atas kasus tersebut, Habib Umar Assegaf dilaporkan ke polisi. Ia dilaporkan atas aksinya melawan petugas ketika melanggar PSBB, dan tidak terima disuruh putar balik.

“Proses penyelidikan sedang kita lakukan. Yang pertama kita cek nopol kendaraan yang ada di video tersebut. Kemudian kita akan minta keterangan petugas yang ada saat itu. Baik aparat kepolisian, TNI, Satpol PP hingga petugas dishub,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko

Selain itu, pihaknya juga akan memverifikasi video yang viral di media sosial tersebut, guna memastikan keasliannya.

Sementara Kasatpol PP Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, laporan yang dibuat ke polisi bukan atas nama Satpol PP. Melainkan petugas gabungan. Sebab, di video itu tampak Habib Umar Assegaf sempat bersitegang dan saling mendorong dengan salah satu petugas Satpol PP.

“Laporan dibuat oleh petugas gabungan yang terlibat insiden saat bertugas di lapangan. Ada Satpol PP, ada polisi, ada Linmas. Jadi bukan Satpol PP yang melapor,” kata Eddy.

Tim gabungan, tambah dia, sudah menjelaskan bahwa selama pelaksanaan PSBB Surabaya wajib pakai masker. Sementara mereka tidak memakai masker dengan alasan di dalam mobil.

“Petugas memberi solusi, 2 orang turun, nanti yang 2 orang diantar petugas. Tetapi mereka marah-marah merasa tersinggung,” imbuhnya.

Add a Comment