Kabar Baik !! Ada Kemajuan Soal Penelitian Vaksin Corona di Indonesia

Kemajuan Soal Penelitian Vaksin Corona

PrimaBerita – Soal penelitian vaksin corona di Indonesia yang tengah dilakukan pemerintah mengalami kemajuan. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

Meski begitu, masyarakat diminta tetap harus waspada dan tidak kendur dalam penanganan penyebaran virus COVID-19 ini.

Kabar baik tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas) terkait penanganan virus Corona. Menurutnya, ada sejumlah kemajuan soal penelitian vaksin corona yang dilakukan Kementerian Ristek/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Saya menerima laporan dari Kemenristek dan BRIN bahwa telah berhasil mengembangkan PCR test kit, kemudian non-PCR diagnostic test dan juga ventilator serta mobile BSL 2 (biosafety level-2). Kita harapkan paling tidak akhir Mei atau awal Juni sudah mulai kita produksi,” ungkap Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/5/2020).

Jokowi juga mengatakan sudah ada kemajuan dari pengujian terhadap plasma darah pasien corona yang telah sembuh untuk pengobatan. Kemudian pengujian stem cell untuk memperbaiki organ yang rusak karena virus Corona.

“Juga saya melihat sudah ada kemajuan yang signifikan terhadap pengujian plasma yang rencananya ini akan dilakukan pengujian klinis berskala besar di beberapa rumah sakit dan juga stem cell untuk menggantikan jaringan paru yang rusak,” tutur Jokowi.

“Kemajuan signifikan juga terjadi pada penelitian genome sequencing. Ini tahapan yang sangat penting dalam menuju tahapan berikutnya dalam menemukan vaksin yang sesuai dengan negara kita,” sambungnya.

Jokowi berharap agar inovasi-inovasi ini didukung semua pihak. Termasuk diberi kemudahan dalam perizinan dan distribusinya.

“Saya minta seluruh riset dan inovasi tadi ini didukung penuh proses-proses perizinannya dipercepat dan disambungkan dengan industri, baik itu dengan BUMN maupun swasta,” sebut Jokowi.

Add a Comment