WHO : Butuh Vaksin Untuk Menghentikan Corona

WHO mengatakan butuh vaksin menghentikan corona

PrimaBerita- WHO mengatakan butuh vaksin menghentikan corona. Di laporkan beberapa negara akan mulai menghadapi ancaman gelombang kedua virus Corona atau Covid-19. Misalnya China, Minggu (12/4/2020) melaporkan mendapat 108 kasus infeksi Corona baru yang lebih setengahnya dari luar negeri alias kasus impor.

Karena ada ancaman gelombang kedua ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan wabah virus Corona bisa terus kembali dan muncul di semua negara. WHO mengatakan butuh vaksin untuk menghentikan penyebaran virus Corona.

Karena adanya keterhubungan kita secara global dapat disimpulkan bahwa risiko kemunculan kembali Covid-19 akan terus berlanjut. “Pada akhirnya pengembangan dan pengiriman vaksin yang aman serta efektif diperlukan untuk menghentikan transmisi, “ Kata Direktur Jenderal WHO Tedros Ad Hanoman Ghebreyesus.

WHO mengingatkan agar negara lebih berhati-hati saat memutuskan kebijakan pengendalian virus Corona. Bila kebijakan seperti lockdown dicabut prematur, akan ada resiko kembalinya virus Corona yang lebih mengganas.

Artinya upaya pengendalian ini harus dicabut pelan-pelan dan terarah karena tidak bisa sekaligu. Kata Tedros seperti dikutip dari akun Twitter resmi WHO, selasa (14/4/2020).

“Upaya pengendalian hanya bisa  dicabut apabila ada kebijakan kesehatan masyarakat lain yang sudah disiapkan, termasuk kapasitas pelacakan yang signifikan.” Ungkapnya.

Biasanya untuk mendapatkan vaksin untuk siap di pasarkan, perusahaan obat butuh waktu 10-15 tahun. Namun vaksin Corona diperkirakan siap tahun depan

Add a Comment