Sutradara Tom and Jerry, Gene Deitch Meninggal Dunia

Gene Deitch Meninggal Dunia

PrimaBerita – Sutradara Tom and Jerry, Gene Deitch dikabarkan meninggal dunia. Tom and Jerry merupakan seral kartun yang sangat populer di berbagai belahan dunia. Gene Deitch meninggal dunia di usia 95 tashun pada April lalu.

Dalam laporan Los Angeles Times, Petr Himmel mengatakan Gene Deitch meninggal dunia tanpa diduga di apartemennya Little Quarter kawasan Praha.

Gene Deitch dikenal sebagai orang di balik layar serial Tom and Jerry dan Popeye. Alasan kematian Gene Deitch tidak dirilis oleh pihak kepolisian Republik Ceko.

Gene Deitch tiba kali pertama di Praha. Semula berniat tinggal selama 10 hari dia justru menemukan cintanya Zdenka dan menetap di ibukota Cekoslowakia. Gene Deitch kemudian menyutradarai 13 episode dari serial animasi Tom and Jerry. Ia juga dikenal sebagai tangan dingin di balik kesuksesan serial Popeye The Sailor

Pria kelahiran Chicago, 8 Agustus 1924 itu mengarahkan 13 episode Tom & Jerry dan beberapa kisah Popeye the Sailor. Selain Tom & Jerry, pria bernama lengkap Eugene Merrill Deitch itu dikenal dengan sejumlah karya animasi populer antara lain Popeye, Tom Terrific, Nudnik, dan Munro. Pada 2004, Gene Deitch sempat menerima penghargaan Winsor McCay atas kontribusinya di bidang animasi.

Gene Deitch merupakan sutradara andal yang pernah meraih Piala Oscar pada 1960. Saat itu filmnya yang berjudul Munro dinobatkan sebagai Best Animated Short Film. Ia juga sempat merasakan dua kali masuk nominasi yang sama lewat film Here’s Nudnik dan How to Avoid Friendship.

Add a Comment