Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar dengan Benar

PrimaBerita – Memperindah halaman rumah dengan merawat berbagai tanaman hias seperti bunga mawar akan memberikan warna tersendiri bagi anda. Apalagi bagi anda yang menyukai tanaman.

Merawat tanaman harus dilakukan dengan benar agar hasil yang didapatkan bagus. Salah satu tanaman yang harus diperhatikan cara merawat dan menanamnya yaitu tanaman bunga mawar.

Berikut cara merawat tanaman bunga mawar dengan benar

Memilih Pot Yang Tepat

Pot yang tepat untuk menanam dan merawat bunga mawar adalah yang berjenis tanah liat. Karena pot tanah liat memiliki banyak pori yang membuat air dapat mengalir keluar dan membuat akar tanaman tidak busuk. Hal ini dikarenakan air tidak mengembang dalam pot.

Penyiraman Yang Tepat

Jangan sampai menyiram terlalu banyak hingga air menjadi genangan di dalam pot. Ini menghambat dan membuat tanaman menjadi busuk karena kebanyakan air.

Siram bunga mawar melalui tanah, karena bunga dan daun bunga mawar sangat rentan terhadap kekeringan. Siram sehari sekali disaat musim hujan dan dua hari sekali setiap pagi dan sore ketika musim panas.

Jika hujan turun tidak berhenti, maka hentikan penyiraman karena sudah tergantikan dengan air hujan.

Media Tanah Yang Baik

Gunakan tanah dengan kadar air yang bagus. Tetapi mawar akan kurang subur jika ditanam melalui media yang terlalu bergembur ataupun terlalu kering. Dan peran sinar dari matahari sangat membantu pembentukan bunga.

Cek dan Pemangkasan Secara Rutin

Cek bagian daun dan ranting secara rutin supaya tidak ada bagian yang busuk masih menempel di badan tanaman. Dan bila ada bagian yang mengering segera pangkas menggunakan gunting yang tajam supaya tanaman tidak rusak. Dan jangan memotong dengan pola diagonal/menyerong, usahakan memotong dengan lurus dan rajin.

Pembudidayaan Bunga Mawar

Cara stek adalah cara yang paling ampuh untuk menambah jumlah tanaman. Dibandingkan dengan beberapa cara lain seperti (biji, okulasi, cangkok, membelah anakan).

Pemberian Pupuk

Pemberian nutrisi yang tepat dapat membuat bunga mawar menjadi tumbuh lebih subur. Pemilihan pupuk yang tepat untuk bunga mawar adalah pupuk kandang yang dihasilkan dari kotoran hewan.

Jaga Tananaman Dari Serangan Hama

Hama merupakan musuh utama bagi semua tanaman. Hama merupakan penghambat pertumbuhan bunga bahkan bisa membuat tumbuhan mati. Untuk menghindari hama sebaiknya menyemprotkan pestisida dalam kurun waktu 1-2 kali dalam satu bulan.

Add a Comment