ODP Virus Corona di Sumut Meningkat Drastis Hingga 1.391 Orang

ODP Virus Corona di Sumut Meningkat

PrimaBerita –  Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait virus corona di Sumatera Utara meningkat secara drastis. ODP virus corona di Sumut meningkat hingga mencapai 1.391 orang pada Selasa (24/3).

ODP tersebut paling banyak tersebar di bebrapa kota dan kabupaten di Sumut yaitu Kota Medan, Deli Serdang, Pematang Siantar, Asahan, Binjai dan Pakpak.

Kenaikan ODP Virus corona di Sumut meningkat hampir 89 persen, sebelumnya berjumlah 763 kini tercatat menjadi 1.391 orang. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Sumut Riadil Akhir Lubis.

Kemudian untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 53 orang dari sebelumnya hanya 50 orang. Para PDP ini dirawat di 24 rumah sakit yang ada di 6 kabupaten/kota di Sumut antara lain di Medan, Deliserdang, Langkat, Tobasa, Binjai dan Serdangbedagai.

Hingga saat ini, pasien negatif corona ada 8 orang namun dibalik itu terjadi kenaikan pasien positif corona. Sehingga menjadi 8 orang. satu meninggal dan 7 orang masih dirawat.

Menurut Riadil, di Sumut sudah ada 28 kabupaten/kota yang menetapkan status siaga darurat Covid-19. Bagi masyarakat yang merasa ada gejala-gejala batuk, flu, demam, Riadil meminta agar segera lakukan pemeriksaan di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Riadil memohon kepada seluruh masayarakat untuk bekerjasama menjaga kesehatan dan terutama bagi ODP untuk tetap menajadi pantauan dinas kesehatan.

Sampai saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut telah menyiapkan berkisar 479 ruang isolasi yang tersebar di Kota Medan dan Deliserdang, di antaranya Rumah Sakit GL Tobing, Rumah Sakit Marta Friska, Rumah Sakit Sari Mutiara, Gedung Diklat BPSDM Sumut dan Wisma Atlet Pemprov Sumut. Saat ini, Sumut juga tengah menyiapkan 1.000 ruang isolasi untuk menangani PDP dan ODP jika terjadi lonjakan kasus.

Add a Comment