Begini Cara Mengobati Ambeien Berdasarkan Tingkat Keparahan

Cara Mengobati Ambeien

PrimaBerita – Ambeien adalah kondisi dimana pembuluh darah pada rektum (anus) mengalami pembengkakan. Saat hal tersebut terjadi darah berkumpul dan pembuluh akan membesar ke selaput dekat jaringan anus sehingga membuat anda tidak nyaman. Untuk itu anda harus mengetahui cara mengobati ambeien berdasarkan tingkat keparahan yang sedang anda alami.

Penyakit yang juga sering disebut wasir ini memiliki tipe-tipe yang berbeda begitupun dengan cara mengobatinya.

Wasir terbagi menjadi dua, yakni internal dan eksternal. Wasir internal biasa terjadi pada rektum. Penyakit ini tidak selalu terlihat, sebab terletak dalam anus dan tidak ada saraf yang mendeteksi nyeri pada rektum.

Wasir internal biasanya cenderung dapat hilang dengan sendirinya. Lalu, terkadang wasir jenis ini bisa bengkak dan keluar dari anus. Banyak yang mengenal kondisi ini dengan istilah wasir prolaps.

Meski kadang tak terlihat atau terasa, Anda tetap perlu hati-hati. Sebab, wasir internal bisa menyebabkan gejala-gejala bila membesar, misalnya:

Rasa tidak nyaman dan sakit
Rasa gatal dan terbakar
Muncul benjolan di dekat anus

Sementara, ambeien eksternal terjadi pada bagian anus, tepatnya permukaan area untuk buang air besar. Terkadang, penyakit ini menimbulkan benjolan yang terlihat pada permukaan anus.

Ambeien yang sudah terkena komplikasi biasa disebut thrombosed hemorrhoid. Pada kondisi ini terdapat pembekuan darah pada jaringan benjolan wasir.

 Cara Mengobati Ambeien Berdasarkan Tingkat Keparahan

Ambeien Stadium 1

Ambeien stadium 1 umumnya bukan tipe yang berbahaya. Dalam kondisi ini, biasanya tidak ada gejala yang muncul. Akan tetapi, kalau ada darah segar keluar dari anus, inilah yang perlu anda perhatikan.

Menurut dr. Devia Irine Putri, mengobati ambeien stadium 1 biasanya menggunakan obat-obatan. Akan tetapi, yang paling utama adalah perubahan gaya hidup.

“Pakai obat-obatan disertai dengan perubahan gaya hidup, seperti makan berserat dan tidak makan pedas. Hindari juga menggunakan obat-obatan golongan antiinflamasi non-steroid (OAINS),” ungkap dr. Devia.

Ambeien Stadium 2 & 3

Ketika membedakan gejala stadium 2 dan 3, Anda perlu perhatikan apakah benjolan dapat keluar dan masuk dengan sendirinya. Kalau bisa masuk dan keluar sendiri, berarti ambeien masih berada pada stadium 2.

Adapun wasir pada stadium ke-3 umumnya adanya benjolan yang harus dimasukkan kembali dengan jari.

Menurut dr. Devia, pengobatan stadium 2 dan 3 bisa dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup seperti pada stadium 1. Tapi, kalau benjolan sudah menimbulkan keluhan, tindakan operasi bisa anda lakukan.

Melansir dari Healthline, cara rumahan yang bisa Anda lakukan untuk mengobati ambeien ringan yaitu:

Mengoleskan krim khusus hemoroid atau mengandung witch hazel untuk meredakan bengkak dan sakit.
Menggunakan kompres dingin.
Duduk dalam air hangat selama 10-15 menit.

Ambeien Stadium 4

Biasanya, saat memasuki stadium tertinggi ini, memasukkan benjolan tetepa tidak bisa meski sudah anda dorong pakai tangan. Karena stadiumnya sudah tinggi, cara untuk mengatasinya umumnya adalah tindakan operasi hemoroidektomi.

Segera periksakan kondisi Anda ke dokter bila gejala semakin parah. Selain tindakan hemoroidektomi, beberapa kasus ambeien dapat anda atasi dengan tindakan-tindakan berikut untuk mencegah rasa sakit dan komplikasi jangka panjang:

Rubber band ligation
Sclerotherapy
Infrared coagulation
Hemorrhoidopexy

Waspada stadium ambeien yang sudah tinggi. Ubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat agar gejala ambeien tidak kambuh atau bertambah parah.

Add a Comment