Ini Yang Terjadi Jika Motor Injeksi Sering Dibiarkan Kehabisan Bensin

PrimaBerita – Sepeda motor yang anda gunakan merupakan motor dengan sistem injeksi sebaiknya jangan sering dibiarkan kehabisan bensin. Rata-rata motor keluaran terbaru di Indonesia telah menggunakan sepeda motor yang menganut sistem injeksi.

Sistem pengabutan jenis ini dinilai bisa membuat pembakaran lebih sempurna dan lebih irit bensin. Cara kerja dari komponen tersebut adalah  menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran.

Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.

Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator, karena injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen. Hal ini, menjadikan injeksi bahan bakar dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.

Baca juga : Begini Tahapan Membuat Motor Bensin jadi Motor Listrik, Ternyata Mudah

Salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan motor injeksi adalah bisa membuat konsumsi bahan bakar minyak menjadi lebih efesien. Namun kebiasaan buruk seperti motor injeksi dibiarkan sering kehabisan bensin dapat merusak komponen pada sistem pengabutan injeksi.

Jika anda sering membiarkan tangki besin kosong makan bagian yang mengalami kerusakan adalah fuel fump. Tangki bensin yang minim bahkan sampai kering bisa merusak fuel pump yang dapat merusakn indikator bensin.

Jika indikator bensin mengalami kerusakan, motor akan menjadi kacau sehingga perlu dilakukan kalibrasi ulang, bahkan dilakukan penggantian jika sudah parah.

Kerusakan indikator ini dapat membuat takaran bensin di tangki dan indikatornya menjadi tidak sesuai. Agar indikasi motor anda dalam keadaan baik, sebaiknya lakukan pengisian bensin saat indikator bensin digital menunjukkan isi sebanyak dua bar.

Add a Comment