Efek Meminum Kopi Secara Berlebihan, Bukan Hanya Susah Tidur!

efek meminum kopi secara berlebihan

PrimaBerita – Bagi penggemar berat kopi dan yang sudah ketergantungan, sebaiknya ada mewaspadai efek meminum kopi secara berlebihan. Bukan hanya membuat anda insomnia atau kesulitan tidur, melainkan ada penyakit lain yang perlu diwanti-wanti.

Maka tak heran bagi jaman sekarang, meminum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Terbukti dengan banyaknya pengunjung di kafe atau kedai-kedai kopi yang sudah banyak dibangun di setiap daerah. Hal itu karena kopi memang sangat nikmat untuk diseruput.

Efek Meminum Kopi Secara Berlebihan

Kafein merupakan bahan utama dalam kopi yang mengaktifkan saraf pusat dan bisa membuat anda melawan rasa capek untuk sementara waktu. Menurut penelitian, efek stimulan kafein bisa langsung terasa dalam waktu lima belas menit setelah anda meminum kopi.

Tapi tahukah anda bahwa efek kafein dalam kopi sangatlah keras? Bukan dilarang untuk meminum kopi. Akan tetapi batasilah saat anda sedang mengonsumsi kopi. Bahayanya bisa menjadi sangat serius.

1. Mengganggu Pencernaan

Sebagian orang menganggap kopi sebagai stimulan yang mampu menaikkan metabolisme tubuh, sehingga bisa menurunkan berat badan. Padahal jika mengonsumsi kopi secara berlebihan justru sangat berbahaya bagi kesehatan. Bisa terkena syndrome iritasi usus.

Meminum kopi dalam keadaan perut yang kosong juga dapat mempengaruhi pencernaan sehingga gejalanya sakit perut. Jadi makanlah nasi terlebih dahulu.

2. Resiko Terkena Struk

Mengonsumsi kopi setiap hari dapat memicu detak jantung berdetak lebih cepat. Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry menyebutkan bahwa meminum kopi lebih dari 5 gelas satu hari bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Secara signifikan akan berkaitan dengan resiko struk.

3. Meningkatkan Asam Lambung

Jika anda ketergantungan kopi, senyawa kafein akan meningkatkan asam lambung anda. Karena kadar asam yang tinggi menyebabkan protein kehilangan struktur lipatannya.

4. Detak Jantung Lebih Cepat Dari Biasanya

Menurut seorang ahli nutrisi dan kesehatan, orang-orang yang memiliki masalah dalam kesehatan jantung akan memproses detak jantung menjadi lebih cepat dari biasanya.

5. Merusak Gigi

Meminum kopi secara terus menerus menimbulkan karang gigi. Selain itu bisa membuat gigi anda menguning.

coba lihat artikel lainnya : Makanan Yang Perlu Dihindari Pemilik Gigi Sensitif

6. Kesulitan Tidur (Insomnia)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kafein yang terkandung dalam kopi akan membuat mata anda terang benderang saat malam hari. Tentu hal ini patut anda hindari karena tubuh juga harus butuh istirahat yang cukup sebelum memulai aktivitas baru dipagi hari.

coba artikel lainnya : Dampak Sering Begadang, Bisa Bikin Gendut?

7. Memicu Migrain

Migrain merupakan kondisi kronis yang ditandai dengan rasa sakit luar biasa di sekitar tempurung kepala. Studi mengatakan bahwa meminum setidaknya 3 gelas kopi dalam sehari bisa memicu anda terkena migrain.

8. Masalah Kesuburan

Khususnya bagi wanita, mengonsumsi kafein pada kopi bisa mengurangi peluang seorang perempuan dewasa untuk hamil sekitar 27 persen. Jika anda sudah kecanduanm segeralah hentikan kebiasaan buruk tersebut. Anda bisa menggantinya dengan meminum jus misalnya, atau mengonsumsi permen saat sedang memiliki waktu luang.

Lebih bahayanya lagi jika sedang hamil, mengonsumsi kopi setidaknya dua gelas selama berminggu-minggu dapat meningkatkan resiko keguguran.

9. Meningkatkan kekakuan terhadap arteri

Kafein yang terkandung dalam kopi akan membuat kaku arteri, jika anda seorang yang memiliki tekanan darah tinggi.

10. Terkena Diabetes

Senyawa kafein lagi-lagi mampu merusak sistem metabolisme glukosa, terkhusus bagi penderita diabetes tipe 2.

coba lihat artikel lainnya : Tanda Terlalu Banyak Orang Mengonsumsi Gula

 

artikel serupa : Dampak Buruk Minum Kopi, Jika Kebanyakan!

Add a Comment