Cegah COVID-19, Arab Saudi Batasi Khotbah Jumat

Cegah COVID-19, Arab Saudi Batasi Khotbah Jumat

Primaberita– Demi mencegah penyebaran virus corona, pemerintahan Arab Saudi akan batasi waktu khotbah salat Jumat. Kementerian Urusan Islam Da’wah dan Bimbingan Kejaraan Arab Saudi keluarkan surat edaran tentang batasan waktu khotbat menjadi tidak lebih dari 15 menit.

“Menegaskan kepada semua khatib masjid jami agar khutbah jumat tidak melebihi 15 menit,” kata Menteri Urusan Islam Da’wah dan Bimbingan Abdullatif bin Abdulaziz Al Sheikh dalam rilis yang dikirim oleh Kedubes RI di Saudi, Selasa (10/3).

Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi Menahan 3 Anggota Senior Keluarga Kerajaan

Selain batasi waktu khotbah jumat,  Arab Saudi juga mengurangi waktu tunggu azan salat fardu dan iqamah menjadi 10 menit.

Pemerintah Saudi juga melarang kegiatan di bulan Ramadan, yakni buka puasa bersama dan iktikaf di dalam musholah atau masjid.  Selain itu, juga melarang membawa makanan ke dalam masjid, baik berupa kurma atau lainnya, serta membuang gelas-gelas yang telah dipakai.

Bac juga: Pangeran Uni Emirat Arab Dikabarkan Positif Virus Corona

“Bertolak dari keinginan kementerian atas keselamatan jamaah masjid dan dalam rangka meningkatkan langkah-langkah preventif serta pencegahan yang sudah dilakukan oleh pihak berwenang Arab Saudi untuk menghadapi virus corona (Covid-19) maka dilaksanakan tindakan sementara.”

Arab saudi juga menutup akses dari dan ke Kesultanan Oman, Uni Emirat Arab, Turki, Prancis, Mesir, sampai Italia.

Baca juga: Jemaah Tertahan di Jeddah Arab Saudi karena Proses Screening

“Menangkal masuk individu yang datang dari negara-negara tersebut, serta mereka yang telah berada di negara-negara tersebut selama 14 hari sebelum ketibaan di Arab Saudi.”

Arab Saudi telah mencatat ada 15 orang yang terjangkit virus corona. Baru ini, seorang warga Amerika Serikat dinyatakan positif terinfeksi virus corona di Saudi. Sebelum tiba di Saudi, pria asal Amerika Serikat itu diketahui pernah berpergian ke Filipina dan Italia.

Add a Comment