Begini Kronologi Walikota Bogor Positif Terinfeksi Corona

walikota bogor positif corona

PrimaBerita – Sebelum walikota Bogor divonis positif corona, wakil walikota, Dedie A Rachim, menyampaikan bahwa Bima Arya Sugiarto (walikota Bogor) baru saja melakukan perjalanan ke Turki dan Azerbaijan. Sepulang dari sana, Bima merasakan demam dan flu, seperti gejala virus corona.

Dikabarkan Bima berada di kedua negara tersebut selama satu pekan dan kembali ke Indonesia pada hari senin lalu (16/3/2020).

“Kan beliau baru pulang dari Turki dan Azerbaijan, terus kan harus lapor sebagai ODP kan, orang dalam pemantauan. Kemudian kalau ada tanda-tanda flu, atau batuk, atau panas kan harus lakukan tes swab. Dilakukan tes swab kemarin. Kemudian hasilnya sudah keluar (positif corona),” ungkap Dedie hari ini.

Tes swab merupakan pengambilan sampel spesimen lendir di saluran pernafasan. Pengujiannya hanya dilakukan di laboratorium Balitbangkes Kemenkes, guna menilik apakah hasilnya terserang virus corona atau tidak.

Ia memberitahukan bahwa hasil swab terhadap walikota Bogor Bima Arya baru keluar kamis kemarin. Tetapi ia belum bisa memastikan tertularnya virus corona (covid-19) terhadap Bima terinfeksi saat sudah berada di kedua negara yang dijalaninya. Atau mungkin pada saat diperjalanan pulang.

“Ya bisa di pesawat, bisa di bandara, bisa di dua negara itu,” tambahnya.

Diketahui Bima Arya mengunjungi negara Turki dan Azerbaijan karena dalam rangka kunjungan kerja. Di Azerbaijan, Bima melakukan penandatanganan MoU (nota kesepahaman) terkait pengembangan mal pelayanan publik. Memutuskan untuk pergi ke sana karena menurutnya Azerbaijan mempunyai mal pelayanan publik terbaik di dunia.

Lebih lanjut, Dedie menyampaikan jika kunjungan kerja ini ditolak, maka tidak enak. Tetapi hasilnya malah begini.

Plt Kadis Kesehatan kota Bogor, Sri Nowo Retno, menyebut Bima Arya sudah melapor ke gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Melalui sambungan telepon, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Sekretaris Negara menyampaikan bahwa pelaksanaan tugas Bima untuk sementara waktu akan dijalankan oleh wakilnya, Dedie.

Terkait kondisi walikota bogor yang positif corona, Bima menjalani isolasi di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Bogor.

 

 

Add a Comment