Hari Ini, 21 April Peringatan Hari Kartini, Berikut Fakta-faktanya

peringatan hari kartini

PrimaBerita โ€“ Setiap tanggal 21 april merupakan peringatan akan hari Kartini. Kartini atau Raden Adjeng Kartini diketahui sebagai pahlawan nasional asal Jepara, Jawa Tengah. Sosok ibu Kartini muncul sebagai pahlawan nasional yakni karena memperjuangkan hak serta emansipasi wanita.

Kartini juga begitu akrab dengan kaum perempuan. Meski sudah tiada selama ratusan tahun lamanya akan tetapi sosoknya selalu ada dalam hati kaum wanita. Tidak sedikit wanita yang mengunggah momen untuk memperingati hari Kartini.

Raden Adjeng Kartini lahir di Jepara pada 21 april 1879 dan meninggal dunia pada usianya yang masih muda yakni 25 tahun. Kartini meninggal di Rembang, Hindia Belanda pada 17 september 1904. Selain itu ia juga terkenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi โ€“ nusantara. Lantas lebih lanjut seperti apa sosok Kartini? Berikut fakta-faktanya untuk anda ketahui.

Fakta-fakta R. A. Kartini

  • Meninggal di Usia Muda

Kartini meninggal pada usia yang masih sangat muda yakni 25 tahun. Pada waktu menghembuskan nafas terakhir, Kartini baru 4 hari melahirkan putra pertamanya.

  • Sosok yang Gemar Memasak

Sosok Kartini dulunya gemar memasak. Ia juga banyak sekali menciptakan resep masakan termasuk sup pangsit dan ayam besengek. Adapun resep masakan tersebut ia tulis dalam aksara Jawa dengan terjemahan bahasa Indonesia. Bukan hanya itu Kartini juga dulu sering menjadikan kemampuan memasaknya sebagai alat negoisasi untuk kepentingan hubungan antara negara. Dengan memasak, Raden Adjeng Kartini menunjukkan peradaban Jawa bagi bangsa Eropa.

  • Bengkel Ukir Kayu

Fakta lainnya dari hari peringatan Raden Adjeng Kartini ini yaitu terdapatnya bengkel ukir kayu. Kala itu Kartini sudah memperkenalkan ukiran Jepara sampai ke Eropa. Oleh karena itu berkat tindakannya tersebut, pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1929 mendirikan Openbare Ambachtsschool atau Sekolah Ukir Jepara sebagai bentuk penghargaan kepada Kartini.

Melansir dari wikipedia, Raden Adjeng Kartini merupakan seorang perempuan yang berasal dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa. Ia sendiri merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. Ayah Kartini menjabat sebagai bupati Jepara setelah ia lahir.

Lihat Juga: Kumpulan Kata Mutiara Memperingati Hari Kartini 2021

Add a Comment