Asal Virus Corona Bukan dari China Melainkan Amerika Serikat?

Asal Virus Corona Bukan dari China

PrimaBerita – Berbagai teori konspirasi telah tersebar luas mengenai virus corona yang telah mewabah di berbagai negara di dunia. Mulai dari asal usul virus itu dari hewan liar di pasar Wuhan, hingga senjata biologis China yang bocor. Kini beredar kembali Asal virus corona bukan dari China melainkan buah dari usaha Amerika Serikat (AS) untuk menjatuhkan China.

Duta Besar di Afrika Selatan China, Lin Songtian menyatakan bahwa asal virus corona COVID-19 bukan dari China. Dubes Lin berkata lewat Twitter bahwa ada banyak bukti bahwa sebenarnya Virus Corona bukan berasal dari Wuhan, provinsi Hubei.

Tidak hanya itu, Dubes Lin menolak label “Made in China” pada virus tersebut. Argumen Dubes Lin berdasarkan pada tweet dari juru bicara Kementerian Luar Negeri China yaitu Zhao Lijian yang mendapat informasi dari situs teori konspirasi globalresearch.ca.

“Makin banyak bukti menunjukan bahwa virus ini sama sekali bukan berasal dari pasar seafood, bukan pula apa yang disebut ‘made in China,'” ujar Dubes Lin di akun Twitternya seperti dikutip Rabu (18/3/2020).

Zhao Lijian juga sempat menuding Virus Corona disebar militer AS. Tuduhan China terhadap militer AS membuat berang Presiden AS Donald Trump.

Hingga kini, asal muasal kasus virus ini masih menjadi perdebatan. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa virus ini berasal dari China namun penelitian lainnya menunjukkan Kansas, Amerika Serikat (AS), yang menjadi tempat asalnya karena ditemukannya kasus di instalasi angkatan darat AS di Fort Riley pada 11 Maret 1918. Namun informasi tersebut tidak bisa sepenuhnya dipercaya karena bukti yang ditemukan belum akurat.

Add a Comment