4 Langkah Mudah Atasi Cemas Akibat Virus Corona

4 Langkah Mudah Atasi Cemas Akibat Virus Corona

Primaberita–  Munculnya rasa cemas akibat adanya virus yang mengancam kesehatan manusia. Maka diperlukan cara untuk atasi cemas akibat virus tersebut yang dikenal dengan virus corona.

Virus corona atau COVID-19. Pada Rabu (26/2/2020) saja, selain negara China, ada 40 negara yang sudah terjangkit virus corona. Dari data sementara pada Minggu (8/3/2020) telah mencatat lebih dari 80 ribu orang yang terinfeksi, 3.556 jiwa telah meninggal, dan 30 ribu lebih orang telah sembuh.

Berita tentang wabah virus corona terus berkembang, baik melalui media massa ataupun media sosial. Informasi yang diterima mengenai wabah virus corona ini, tentunya dapat mempengaruhi kesehatan mental bagi sebagian orang. Namun, informasi tersebut sangatlah penting untuk diketahui untuk meningkatkan kewaspadaan pada diri.

Sementara itu, di sisi  lain justru membuat rasa cemas dan takut yang berlebihan akan kondisi ini. Maka dari itu,  perlu untuk diketahui langkah dalam atasi ketakutan dan kecemasan akibat virus corona.

 4 langkah atasi cemas akibat virus corona:

1. Mengakses Berita Secara Sehat

Ketika Anda mengalami rasa cemas yang bisa mempengaruhi kesehatan, kadang dengan membaca dan mencari informasi baru adalah solusinya.

“Kecemasan akan kesehatan didorong dan ditandai dengan mengecek informasi secara konstan. Batasi interupsi hari Anda dengan mematikan alarm dari aplikasi berita,” kata Meg Arrol, pakar psikolog.

Ketika Anda ingin mengupdate informasi, alangkah baiknya Anda memberikan jeda agar informasi yang sama dari beberapa sumber tidak terngiang-ngiang di kepala Anda. Seperti yang Arro sarankan, bahwa dalam mencari informasi lebi baik dari satu sumber yang terpercaya.

2. Mengatur Perspektif

Hal utama yang membuat rasa cemas adalah karena mengetahui informasi tentang sejumlah orang yang terinfeksi dan meninggal. Maka untuk atasi rasa cemas, sebaiknya Anda melihat mereka ke dalam perspektif yang berbeda. Seperti, hal apa yang membuat mereka bisa terinfeksi.

“Berita utama mungkin membuat kita percaya bahwa ini adalah kejadian bencana, tetapi melihat bukti secara objektif dapat membuat pikiran tenang. Meskipun ini adalah penyakit serius, saat ini angka kematiannya jauh di bawah influenza musiman,” kata Arroll.

3. Merawat Diri

Virus corona sampai sekarang ini menjadi perbincangan seluruh dunia. Semua orang membicarakannya, dan semua media terus mengabarkan lewat berita yang ditulis.

Maka tugas Anda adalah memberikan waktu kepada diri Anda untuk memahami dan merasionalisasikan pikiran cemas Anda terhadap situasi ini. Cara yang bisa dilakukan adalah merawat diri sendiri atau self care.

“Jika merasa sangat cemas, lakukan self care dengan cara apapun yang dirasa berhasil semisal bertemu teman, jalan-jalan, mandi agak lama untuk menyegarkan pikiran,” kata Arroll.

4. Memeriksa asal rasa cemas

Luangkan waktu sejenak Anda untuk memeriksa asal rasa cemas Anda. Memang, rasa cemas ini mampu mempengaruhi kesehatan. Maka anda harus mengetahui, rasa yang dihadapi disebabkan apa. Misalnya, cemas karena kondisi kesehatan sehingga muncul rasa kwatir akan berbagai hal.

“Adakah masalah yang ingin dihindari? Kadang ini mendorong rasa cemas dan hanya dengan melakukan sesuatu pada inti permasalahan sehingga kecemasan bisa diolah,” jelas Arroll.

Jika Anda mengetahui asal penyebab rasa cemas, maka anda perlu meminta pertolongan orang lain terutama kepada orang yang sudah profesional.

Add a Comment