Lakukan Cara Mudah ini Untuk Mendeteksi Telur Yang Busuk

PrimaBerita – Natal dan tahun baru sebentar lagi akan tiba tentunya membuat sederet orang mempersiapkan semuanya untuk hari itu seperti, membuat kue atau makanan spesial. Dalam pembuatan kue, Telur merupakan bahan yang paling penting dan utama. Untuk itu perlu dilakukan cara untuk mendeteksi telur yang busuk. Anda tidak mau kan kue yang anda sajikan rasanya aneh dan bau busuk?

Telur busuk juga dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti diare, gatal-gatal pada kulit, serta risiko infeksi salmonela yang lebih tinggi. Itulah mengapa, mencari tahu kualitas telur sebelum dimasak sangat disarankan demi menghindari risiko.

Baca juga : 7 Menu Sarapan Khas Indonesia yang Paling Banyak Disukai

Cara mendeteksi telur busuk

Membedakan telur segar dan busuk memang tak bisa dilihat secara kasat mata, namun ada trik mudah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan merendam telur di wadah berisi air dingin, mengutip Lifehack.

Jika telur tenggelam ke dasar wadah, itu artinya telur dalam keadaan segar dan Anda bisa mengonsumsinya. Sebaliknya, jika telur mengapung di permukaan berarti telur telah busuk dan harus dibuang.

Hal ini terjadi karena telur yang segar tak memiliki udara di dalam cangkang, sehingga akan tenggelam ke dasar jika direndam. Semakin tua usia telur, cairan di dalamnya akan menguap sehingga telur akan lebih ringan dan mengapung ketika berada di dalam air.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), telur akan tetap segar selama empat hingga lima minggu setelah dikemas. Namun ini tergantung pada cara penyimpanan. Umumnya, di setiap bungkus telur terdapat tanggal kadaluarsa. Namun, tanggal kadaluarsa telur bisa berkurang atau lebih sesuai dengan cara penyimpanan.

Baca juga : Ini 10 Makanan Khas Indonesia Yang Disukai Oleh Negara Lain

Agar telur bertahan lebih lama dari tanggal kadaluwarsa, sebaiknya simpan telur di kulkas. Tempatkan telur di wadah khusus telur yang suhunya sudah diatur untuk menjaga kesegaran telur.

Jika telur yang Anda miliki adalah hasil ternak, simpanlah telur tanpa mencucinya terlebih dahulu. Anda bisa membersihkan telur dengan menggunakan lap. Pasalnya, cangkang telur memiliki lapisan alami yang membantu melindungi dari bakteri, jika lapisan ini hilang karena air maka telur akan lebih cepat busuk.

Add a Comment