Kota Medan Zona Kuning Virus Corona, Dinkes Sumut Pastikan itu Hoax

PrimaBerita – Di tengah merebaknya virus corona yang mematikan dan menjadikan ribuan korban jiwa dalam keadaan kritis, banyak beredar informasi – informasi yang meresahkan warga seperti sebuah pesan berantai lewat aplikasi WhatsApp menyebut ada enam zona kuning virus corona di Indonesia salah satunya Kota Medan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov Sumatera Utara (Sumut) memastikan informasi tersebut hoax. Provinsi DKI Jakarta, Kota Batam, Kota Surabaya, Provinsi Bali dan Kota Manado juga disebut masuk zona kuning virus corona dalam pesan itu selain Kota Medan.

Pesan itu menyebut informasi soal zona kuning itu berasal dari Kementerian Kesehatan. Pesan tersebut juga berisi imbauan untuk menggunakan masker.

Kepala Dinas Kesehatan Pemprovi Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan, memastikan isi pesan tersebut merupakan hoax. Dia menjelaskan Kementerian Kesehatan akan mengeluarkan surat tentang zona virus corona yang resmi.

Alwi menghimbau masyarakat untuk tidak perlu khawatir dengan pesan yang viral tersebut. Dia meminta masyarakat
Alwi meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan pesan tersebut. Dia meminta masyarakat mengecek terlebih dulu kebenaran sebuah berita sebelum ikut menyebarkannya.

“Kalau ada berita, jangan panik, tidak buru-buru di-share sebelum dicek kebenarannya, cari info yang benar dari saluran yang tepat, check and recheck,” jelas Alwi.

Hoax soal corona di Medan bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, ada video hoax pasien virus corona dirawat di RS Adam Malik.

Belakangan, pria yang bicara dalam video hoax itu meminta maaf. Namun, polisi memastikan bakal mengusut penyebar hoax tersebut

Add a Comment