Begini Cara Gubsu Edy untuk Menyudahi Polemik Pemusnahan Babi

PrimaBerita –  Edy Rahmayadi, Gubernur Sumatera Utara atau Gubsu akan menyudahi polemik pemusnahan babi yang sempat menimbulkan kegeraman masyarakat Sumatera Utara.

Edy menegaskan dirinya tidak berencana memusnahkan babi meski wabah African Swine Fever (ASF) terjadi di Sumut. Setelah mendapati banyak babi yang mati, Edy menyampaikan peristiwa itu kepada Menteri Kesehatan dan Menteri Pertanian.

Edy mengaku, saat itu dia belum mengetahui bahwa kematian babi karena wabah ASF. Dia pun meminta agar babi yang mati dikubur, bukan dibuang sembarangan.

Edy mengaku ada yang menawarkan kepadanya untuk dilakukan pemusnahan babi, namun ia menolak. Menurutnya virus ASF ini hanya menjangkit babi, tidak kepada manusia. Sehingga tidak perlu dilakukan pemusnahan.

Isu pemusnahan babi tersebut sempat membuat sejumlah pihak panas dan angkat suara. Unjuk rasa tolak pemusnahan babi pun terjadi di depan gedung DPRD Sumatera Utara pada Senin (10/2) kemarin.

Massa yang berdemo membawa spanduk bertuliskan ‘Gerakan aksi damai non politik #savebabi. Tolak pemusnahan babi di Sumatera Utara’. Mereka juga menggelar orasi dan bernyanyi.

Di tempat lain, sejumlah orang dari Forum Umat Islam (FUI) berjaga di sekitar kantor Gubernur Sumut (Gubsu) Jalan Diponegoro Medan. Massa ‘bersiaga’ karena adanya unjuk rasa ‘save babi’.

Ketum FUI Sumut, Indra Suheri mengatakan, anggotanya ikut mengawal demo ‘save babi’. Dia menyebut demo ini diduga dilatarbelakangi fitnah terhadap Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Isu pemusnahan babi itu membuat Wakil Ketua DPRD Sumut angkat bicara. Dia pasang badan terkait tudingan terhadap Gubsu Edy.

Harun menduga ada pihak yang sengaja mempelesetkan ucapan Edy soal penanganan wabah kolera yang menyebabkan ribuan babi mati. Harun mengatakan pihak yang mempelesetkan omongan Edy itu ingin membuat adu domba.

Untuk menyudahi polemik pemusnahan babi itu, Gubsu Edy akhirnya menemui pimpinan DPRD Sumut,pada Kamis (13/2) kemarin. Edy menegaskan bahwa pihaknya tidak akan melakukan pemusnahan terhadap babi.

Add a Comment