Makanan dan Minuman Ini bisa Memulihkan Sakit Demam

PrimaBerita – Jika anda atau anak anda sedang sakit demam cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa memulihkan sakit demam. Karena jika tidak ditangani dengan cepat bisa makin parah dan tentunya aktivitas anda terganggu.

Demam merupakan respons alami tubuh untuk menghadapi infeksi. Ketika demam, apa yang Anda makan atau minum turut menentukan keberhasilan tubuh melawan penyakit. Itu sebabnya Anda harus cermat untuk memilih makanan dan minuman jika merawat orang yang sedang demam atau mungkin diri Anda sendiri.

Berikut makanan dan minuman yang bisa memulihkan sakit demam

1. Sup ayam

Sup ayam mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak saat melawan infeksi. Tingginya kandungan air pada makanan ini akan memberikan asupan cairan dan elektrolit sehingga bermanfaat untuk orang yang demam.

Selain itu, sup ayam juga mengandung asam amino sistein yang dapat melawan virus dan meredakan peradangan pada tubuh. Bagi orang yang terkena demam disertai pilek, sup ayam adalah makanan yang tepat untuk meredakan gejala penyakit ini.

2. Air kelapa

Demam bisa membuat Anda kehilangan banyak cairan tubuh. Maka dari itu, makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat demam harus bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Salah satu sumber cairan terbaik adalah air kelapa.

Tidak hanya memberikan cairan yang Anda butuhkan, air kelapa juga mengandung glukosa serta berbagai jenis mineral elektrolit. Keseimbangan elektrolit harus tetap terjaga agar tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

3. Madu

Khasiat madu bagi kesehatan seakan tak ada habisnya. Bahan makanan alami ini mengandung senyawa antibakteri serta dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Ini sebabnya madu menjadi salah satu makanan yang cocok untuk orang demam.

Orang yang mengalami demam dapat mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya ke dalam makanan dan minuman. Pastikan Anda tidak memberikan madu kepada bayi di bawah 1 tahun karena sistem imunnya belum sempurna.

4. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan sumber vitamin dan mineral terbaik saat demam. Beberapa jenis buah seperti stroberi, blueberry, dan cranberry juga kaya akan senyawa antosianin yang mampu melawan virus dan meredakan peradangan.

Manfaat ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Senyawa antosianin pada ekstrak buah mampu menghambat perlekatan bakteri dan virus pada sel tubuh. Senyawa ini pun terbukti dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

5. Teh hangat

Teh hangat bisa menjadi pelengkap dari berbagai makanan untuk orang yang sedang demam. Pasalnya, minuman ini memiliki begitu banyak manfaat. Mulai dari memberikan asupan cairan, melegakan hidung mampet, serta meredakan peradangan pada tubuh.

Teh juga mengandung senyawa yang disebut polifenol. Senyawa ini membantu tubuh Anda melawan infeksi virus, bakteri, serta jamur. Berkat manfaat ini, teh menjadi pilihan minuman tepat bagi Anda yang mengalami demam disertai batuk dan pilek.

Tidak ada makanan ataupun minuman yang dapat meredakan demam, atau bahkan menyembuhkan penyakit. Namun, makanan dan minuman yang diberikan untuk orang demam dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meredakan gejala.

Pilihlah makanan kaya protein, vitamin, dan mineral. Lengkapi kebutuhan cairan Anda dari buah-buahan, sup dan kaldu, atau minum air putih. Jangan lupa beristirahat dengan cukup untuk menunjang sistem kekebalan tubuh sehingga Anda lekas pulih.

Add a Comment