Waspada, Ini Penyebab Eksim Pada Kulit

Prima Berita– Apakah anda pernah merasakan kulit bintik-bintik merah kecil bersisik dan menebal ? Nah mungkin saja anda terkena eksim. Apa sebenarnya Penyebab eksim itu ? Eksim atau dermatitis atopik adalah kelainan kulit dengan ciri peradangan atau bengkak, kemerahan, dan rasa gatal. Walaupun tidak menular namun eksim ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada kulit yang terkena eksim tersebut.

Eksim ini biasanya sangat rentan timbul di lipatan kulit, tangan, kaki, kulit kepala bahkan wajah. Akan Menimbulkan gatal berlebihan jika digaruk maka akan membuat kondisi eksim semakin memburuk. Eksim bisa saja muncul anak-anak hingga dewasa.

Mengapa seseorang bisa terkena eksim? Penyebab eksim terjadi adalah pelindung kulit tidak lagi berfungsi seperti biasanya. Lapisan atas kulit tak mampu lagi melindungi kulit anda dari iritasi dan alergi. Penyebab lain dari Eksim juga dapat diperburuk oleh masalah kesehatan seperti debu, tungau, udara dingin, keringat. Serta makanan pemicu alergi, pola makanan yang jauh darikata sehat. paparan bahan kima & wewangian. Menurut National Insititute Of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) faktor lain yang dapat memperburuk eksim adalah mandi dalam waktu lama, mandi uap panas dan tidak merawat agar senantiasa lembab.

Penyakit eskim ini biasanya tidak akan hilang begitu saja. Namun akan timbul kembali jika anda tidak menjaga nya, eksim bisa di cega dengan cara berikut ini :

  1. Menjaga Pola Hidup Sehat
  2. Menjaga kebersihan tubuh setelah beraktifitas atau setelah olahraga
  3. sebaiknya tidak memakai wewangian yang mengandung bahan kimia
  4. menjaga kelembaban kulit dengan lotion lembut
  5. menjaga kulit agar tidak terpapar langsung sinar matahari

Sebaiknya jika sudah terkena eksim jangan menggaruknya apalagi menggunakan kuku karena kuku yang kotor menyebabkan bakteri menempel dan berpindah. Jika eksim semakin parah dan bertambah banyak jangan menunda lagi untuk pergi ke dokter.

Add a Comment