Terapkan dengan Rutin untuk Menghilangkan Stres Berat

PrimaBerita – Cara menghilangkan stres berat yang berkepanjangan adalah mengenal penyebab stres tersebut. Stres berat jika dibiarkan akan mendatangkan banyak penyakit, terutama penyakit mental.

Untuk itu anda harus menjaga atau mengurangi stres berat yang sedang anda alami saat ini. Ada beberapa cara menghilangkan stres yang bisa diterapkan dengan rutin agar kesehatan mental selalu terjaga.

Baca juga : 5 Cara Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Toko

Berikut Cara menghilangkan stres berat dengan menerapkannya dengan rutin

1.Olahraga lari.

Menurut hasil penelitian yang dilansir Health Me Up, olahraga lari bisa membantu memperbaiki mood, meningkatkan produksi endorphin (hormon bahagia), dan membantu menyalurkan pikiran-pikiran negatif dengan cara sehat.

2. Belajar yoga.

Teknik pernapasan dan meditasi dalam yoga sudah terbukti ampuh untuk memperbaiki mood bagi penderita stres dan depresi. Cobalah rutin yoga, minimal dengan pose-pose penangkal stres seperti sukhasana, child’s pose, triangle pose, atau camel pose.

3. Puasa gadget

Penelitian di University of California menemukan bahwa mengecek e-mail setiap saat mampu menyebabkan stres. Pengguna internet yang sangat aktif juga 5 kali lebih rentan terhadap depresi. Jadi ketika Anda merasa stres, ada baiknya mengurangi kontak dengan gadget.

Baca juga : Cara Membuat Bawang Merah Goreng Awet Renyah dan Tidak Gosong

5. Menulis jurnal atau diary

Penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Anxiety, Stress, & Coping menemukan bahwa menulis mengenai hal yang membuat depresi selama 20 menit selama 2 hari mampu menurunkan kadar stres.

6. Kurangi konsumsi gula, kafein, dan daging merah

Meskipun terlihat remeh, membatasi konsumsi ketiga makanan ini merupakan cara menghilangkan stres yang cukup efektif. Dalam porsi yang berlebihan, gula, kafein, dan daging merah bisa meningkatkan hormon stres serta memicu kegelisahan.

Baca juga : 9 Penyebab Migrain Yang Umum terjadi tanpa disadari

7. Memelihara Hewan peliharaan

Berinteraksi dengan hewan peliharaan bisa membantu tubuh untuk melepaskan hormon oxytocin dan menurunkan level kortisol.

Meminta medikasi dari psikiater. Kalau stres berat sudah mengarah ke depresi, ada baiknya jika Anda mengunjungi psikiater untuk mendapatkan penanganan profesional. Biasanya pasien juga akan dibekali dengan obat untuk mengatasi depresi.

Itulah cara-cara menghilangkan stres berat yang bisa diterapkan setiap hari.

Add a Comment