Loading...
Editor Choice Kesehatan

Nutrisi di balik Boba pada Bubble Drink

Prima Berita – Bubble drink, minuman yang sangat populer belakangan ini, tidak hanya diminati oleh anak-anak maupun anak remaja, namun banyak orang dewasa hingga berusia yang ternyata juga menyukai minuman ini. Bubble drink merupakan minuman yang terkenal akan bubble nya atau yang sering disebut sebagai boba. Sobat prima, tau ngak? Ternyata bubble atau boba pada bubble drink ternyata terbuat dari tepung tapioka loh. Ini nih nutrisi boba pada bubble drink yang sedang viral ini!

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa minum bubble drink berlebihan dapat meningkatkan risiko akan sejumlah penyakit. Namun, bagaimana jika kalian hanya mengkonsumsi bubble yang terbuat dari tepung tapioka? Adakah kandungan nutrisi di dalam bubble tapioka yang memiliki manfaat bagi kesehatan?

Bubble pada bubble drink dibuat dengan mencampurkan tepung tapioka, pewarna makanan, dan air hangat. Setelah menjadi adonan dan dibentuk menjadi bola-bola kecil, bubble ini kemudian direbus. Bubble sebenarnya tidak memiliki rasa. Jadi, kebanyakan penjual bubble drink mencampur bubble nya yang simple dengan cairan syrup alias air gula agar bubble memiliki rasa yang lebih manis.

Loading...

Nutrisi Boba dalam Bubble Drink

Tahukah kalian? Tepung tapioka seberat 50 gram mengandung energi sebanyak 181 kkal. Setelah menjadi bola tapioka, jumlahnya akan berkurang menjadi 120 kkal. Selain kalori, bubble tapioka juga mengandung beberapa nutrisi seperti berikut:

  • 50 gram karbohidrat
  • 0,2 gram protein
  • 0,6 miligram natrium
  • 6,2 miligram kalium
  • 1,8 gram gula
  • 0,6 gram serat

Manfaat tapioka dalam bentuk bubble sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tepung tapioka biasa. Nutrisi utama yang bisa didapatkan dari bola tapioka adalah karbohidrat dan gula. Karbohidrat pada bola tapioka merupakan karbohidrat kompleks yang disebut pati. Jenis karbohidrat ini banyak terdapat pada sayuran umbi seperti jagung, kentang, kembang kol, kacang lentil, kentang, serta singkong sebagai bahan baku tepung tapioka.

Berbeda dengan biji-bijian utuh yang memiliki kandungan protein yang cukup, jumlah protein pada boba tapioka terbilang amat sedikit. Selain itu, topping minuman bubble yang sangat populer ini juga tidak mengandung lemak sama sekali. Lantas, dari mana lagi asalnya kalori pada boba tapioka? Kalori tersebut ternyata berasal dari bahan tambahan. Kandungan gula pada bubble tapioka sebenarnya tidaklah tinggi.