Efek Samping Terlalu Banyak Minum Air Kelapa

Prima Berita – Efek air kelapa memang sangat menyegarkan bagi tubuh, terlebih lagi air kelapa muda ini juga dikenal mampu meleggakan tenggorokkan yang terdehidrasi. Dahulu nenek moyang kita juga banyak menggunakan air kelapa muda sebagai alternatif dan cara pengobatan penyakit-penyakit tertentu. Kadungan vitamin dan nutrisi yang ada pada air kelapa ini memang memiliki berbagai manfaat untuk mentralisir racun yang ada pada dalam tubuh kita. Selain rasanya yang menyegarkan, efek air kelapa disebut-sebut sebagai minuman yang baik untuk kesehatan.

Memang sih, air kelapa memiliki banyak manfaat, namun terlalu banyak minum air kelapa justru berbahaya bagi kesehatan. Mari kita lihat apa saja efek samping yang bisa timbul jika terlalu banyak dan sering minum air kelapa.

Kandungan kalium

Air kelapa memiliki 10 kali lipat lebih banyak kalium dibandingkan minuman olahraga pada umumnya. Terlalu banyak air kelapa mempengaruhi kadar kalium dalam tubuh, maka kalian akan mengalami beberapa gejala seperti:

  • Perut sakit
  • Napas yang terengah-engah
  • Keringat dingin
  • Merasa pusing tiba-tiba
  • Mengalami tekanan dan nyeri pada dada dan lengan

Efek dari kalium pada air kelapa bisa mempengaruhi kerja otot. Komplikasi terparah dari kelebihan kalium adalah gangguan jantung. Bahkan kebiasaan minum air kelapa dapat meningkatkan peluang serangan jantung.

Kandungan sodium

Segelas air kelapa (250cc) mengandung 252 mg sodium yang ternyata sudah menghabiskan jatah 17% asupan sodium harian. Jika kalian mengkonsumsi setidaknya 1liter air kelapa, tentu saja hal tersebut sudah memenuhi 70% kebutuhan sodium harian hari itu. Terlalu sering meminum air kelapa yang mengandung banyak sodium, ada beberapa resiko yang bisa dialami, seperti:

  • Meningkatknya tekanan darah
  • Resiko terkena kanker perut

Kandungan gula

Air kelapa mengandung 6 gr gula per porsinya. Menurut Harvard School of Public Health, minuman yang ada pemanis buatannya tidak mengenyangkan seperti makanan biasa. Oleh karena itu, efek samping terlalu sering minum air kelapa adalahnya semakin bertambahnya peluang untuk terkena obesitas.

Efek terlalu sering minum air kelapa tidak boleh diabaikan. Berbagai jenis gangguan kesehatan bisa muncul apabila kalian mengonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu, biasakan untuk membatasi konsumsi air kelapa untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Add a Comment