Kenalan dengan Alpukat, Si Hijau yang Menyehatkan

PRIMA BERITA – Siapa yang tidak tahu alpukat yang menyehatkan? Buah yang memiliki warna hijau di luar dan di dalam serta satu biji di tengah ini merupakan buah yang dikenal dengan kandungan nutrisinya yang sangat bagus untuk kesehatan. Buah alpukat yang menyehatkan punya segudang kebaikan gizi yang penting untuk kesehatan. Menurut Department of Agriculture Agricultural Research Service di Amerika Serikat, buah alpukat mempunyai beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh. Per 40 gram buah alpukat terdapat:

  • 64 kalori
  • 6 gram lemak
  • 3,4 gram karbohidrat
  • 1 gram gula
  • 3 gram serat

Selain kandungan di atas, alpukat merupakan sumber vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Selain itu, daging buah alpukat mengandung asam lemak lutein, beta-karoten, dan juga omega-3. Berikut manfaat buah alpukat, awas tercengang ya guys!

Alpukat yang Menyehatkan dapat Menurunkan kolesterol

Alpukat sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang dapat menurunkan kolesterol atau natrium apa pun dan rendah lemak jenuh.

Mengandung banyak kalium

Kebanyakan orang kurang mendapat nutrisi berupa kalium. Alpukat mengandung kalium yang sangat tinggi. Kandungan kalium pada alpukat 14 persen, lebih tinggi dari pisang yang hanya 10 persen. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memiliki asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Mengatasi Kanker

Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat yang merupakan komponen utama minyak zaitun dan diyakini bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatannya. Asam oleat telah dikaitkan dengan pengurangan peradangan dan terbukti memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker.

Menyerap Nutrisi 

Satu studi menunjukkan bahwa menambahkan alpukat atau minyak alpukat ke salad dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat. Jadi, alpukat dapat meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang kalian makan.

Melindungi Mata

Studi menunjukkan risiko katarak dapat berkurang secara drastis karena makan alpukat. Karena itu, makan alpukat bermanfaat bagi kesehatan mata kalian untuk jangka yang panjang.

BACA JUGA : KEDELAI SEBAGAI SARAPAN YANG MENYEHATKAN!

Add a Comment