Jangan Menggunakan Produk Plastik, Jika Anda Tidak Mau Terkena…

PrimaBerita – Produk Plastik sekali pakai berbahaya bagi bumi. Perlu Anda ketahui, bahwa plastik sekali pakai dan plastik yang dapat digunakan kembali memiliki bahaya yang sama. Terlebih, barang-barang yang kita pakai sehari-hari banyak yang terbuat dari plastik seperti, wadah plastik dan botol minum plastik yang mengandung bahan kimia.

Bahan kimia biasa disebut bisphenol A atau BPA. Sebelum menggunakan produk plastik, harus dipertimbangkan bagaimana BPA dapat memengaruhi kesehatan dan kemudian memutuskan untuk tidak menggunakan produk plastik.

Penelitian Baru

Namun, adanya banyak penelitian yang terbilang baru, memunculkan perdebatan. Misalnya dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh Medical University of Gdansk di Polandia pada tahun 2015 telah menyimpulkan, bahwa dosis rendah BPA dapat dihubungkan dengan gangguan endokrin atau masalah kesuburan yang parah.

Dikutip dari Mayo Clinic, penelitian serupa lainnya juga menunjukkan bahwa BPA mungkin dapat menyebabkan masalah terhadap otak dan kelenjar prostat janin. Di sisi lain, penelitian pada tikus telah menyiratkan bahkan pada dosis tinggi, BPA hanya mengarah pada efek kesehatan “minimal”, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah menyatakan bahan kimia aman selama masih dosis rendah.

Baca juga: Bagi Penderita Kanker, Ini Tips Aman Makan Buah dan Sayuran Segar

Add a Comment