Hari Kesehatan Jiwa Sedunia : Cegah Bunuh Diri

Primaberita – World Mental Health atau Hari Kesehatan Jiwa Sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober. Melalui peringatan Hari Kesehatan Jiwa Dunia. Masyarakat diajak untuk kembali menyadari sebuah persoalan di masyarakat yang belum banyak mendapatkan perhatian yaitu kesehatan jiwa.

Pada 1992, peringatan ini diinisiasi oleh Wakil Sekretaris Jenderal, Richard Hunter.

Tujuan awalnya, secara umum mengampanyekan advokasi kesehatan mental dan mendidik masyarakat tentang isu-isu yang relevan terkait kesehatan mental atau kesehatan jiwa.

Setelah 3 tahun berjalan tanpa tema, pada 1994 atas saran sejumlah pihak, dibuat tema khusus yang mengiringi peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Maka, tema yang dipilih saat itu adalah “Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Mental di Seluruh Dunia”.

Dan tema untuk tahun ini adalah pencegahan bunuh diri. Dosen Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Universitas Airlangga Surabaya, Margaretha P.G menuturkan, bunuh diri, salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Pada usia 15-29 tahun, bunuh diri jadi penyebab kematian nomor dua setelah penyakit.  Mengutip laman WHO, setiap 40 detik seseorang kehilangan nyawa karena bunuh diri. Oleh karena itu, WHO juga menggalakkan 40 detik mengambil aksi untuk meningkatkan perhatian dan pencegahan kasus bunuh diri.

Program pencegahan dapat dilakukan di lingkungan sekitar kita. Misalnya lingkungan sektor kesehatan di antaranya meningkatkan kapasitas petugas kesehatan dan kader dalam bentuk deteksi dini, intervensi krisis, dan manajemen gangguan jiwa. Mengembangan klinik sehat jiwa di puskesmas, pelatihan kader, serta pengembangan Posyandu Lansia Plus.

Selain itu, untuk menghilangkan stigma keliru tentang pelaku bunuh diri. Serta membuat orang-orang yang tengah berjuang dan ingin melakukan bunuh diri tahu bahwa mereka tidak sendiri.

Anda bisa membagikan upaya yang Anda lakukan untuk mencegah kasus bunuh diri di laman media sosial Anda masing-masing pada tanggal 10 Oktober 2019.

Add a Comment