5 Bupati yang terjaring OTT KPK Sepanjang 2019

PrimaberitaKPK Republik Indonesia adalah lembaga negara yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan daya guna dan hasil guna terhadap upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. Untuk kesekian kalinya KPK kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Sepanjang 2019 sudah banyak Bupati yang terjaring OTT KPK.

Berikut 5 Bupati yang terjaring OTT KPK

1.Bupati Lampung Utara

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara terjaring operasi tangkap tangan ( OTT) yang dilakukan tim penindakan KPK di Lampung Utara. Agung Ilmu Mangkunegara dan tiga orang lainnya yang berasal dari unsur kepala daerah dan satu orang perantara diamankan di Lampung Utara pada Minggu (6/10/2019). Dalam operasi ini, KPK juga mengamankan sejumlah uang sebagai barang bukti.

2.Bupati Mesuji

Bupati Mesuji, Khamami beserta 8 orang lainnya tertanggap OTT pada 23 Januari 2019. OTT tersebut dilakukan di tiga tempat berbeda. Dalam penangkapan itu, KPK mengamankan uang tunai senilai Rp 1,28 miliar. Uang tersebut dalam bentuk pecahan Rp 100.000 yang terikat dan disimpan di dalam kardus.

3.Bupati kudus

Pada akhir Juli 2019, KPK kembali melakukan OTT. KPK mengamankan Bupati Kudus, Muhammad Tamzil pada 26 Juli 2019. Kasus jual-beli jabatan, Ia pernah meminta staf khususnya, Agus Soeranto, mencarikan uang sebesar Rp 250 juta. Wakil Ketua KPK, Basaria Pandjaitan mengatakan, kasus ini berawal dari pembicaraan Bupati Kudus yang meminta Staf Khusus Bupati untuk mencarikan dana sebesar Rp. 250 juta untuk kepentingan pembayaran hutang pribadinya.

4.Bupati Muara Enim

Awal September 2019 menjadi satu dari serangkaian OTT yang dilakukan KPK sepanjang bulan ini. OTT pertama berlangsung di Palembang dan Muara Enim, Sumatera Selatan. Dalam operasi itu, KPK menangkap Bupati Muara Enim Ahmad Yani yang kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Dalam kasus ini, Ahmad Yani diduga menerima upah Rp 13,4 miliar dari Robi. Uang tersebut merupakan bagian dari commitment fee 10 persen untuk paket pekerjaan tahun anggaran 2019.

5.Bupati Bengkayang

Pada 4 September 2019, KPK menangkap Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot dalam OTT. Selain Gidot, KPK juga mengamankan Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang Obaja serta tiga orang lain. Saat operasi, komisi anti-rasuah tersebut menyita uang senilai ratusan juta rupiah.

Add a Comment