Hindari Penyakit Jantung Dengan Makanan Ini

Kacang

Kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan serat yang sangat menyehatkan jantung, sedangkan kacang walnut adalah sumber asam lemak omega-3 nabati yakni asam alfa-linolenat. Menurut American Heart Association, lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Minyak zaitun

Kandungan nutrisi pada minyak zaitun berfungsi untuk menurunkan kolesterol seperti asam oleat tak jenuh, asam lemak esensial dan antioksidan. Menggunakan minyak zaitun ketimbang minyak biasa ketika memasak 41 persen lebih kecil terserang stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menggunakan minyak zaitun. Gunakan sedikit minyak zaitun sebagai pengganti mentega. Namun, meski zaitun lebih sehat, jangan lupa membatasi penggunaannya karena semua lemak masih mengandung jumlah kalori yang sama.

Kunyit

Kunyit bermanfaat untuk mengurangi pengerasan pada pembuluh darah atau arteriosclerosis. Kandungan curcumin pada kunyit sebagai anti-inflamasi dapat mengurangi peradangan dan mengurangi timbunan lemak dalam arteri. Kunyit juga mengandung vitamin B6 yang membantu mengurangi penumpukan plak di arteri.

Bayam

Daun bayam mengandung kalium, folat, dan serat untuk membantu menurunkan tekanan darah sekaligus mencegah penyumbatan pada arteri. Mengonsumsi satu porsi bayam per hari dapat menurunkan kadar homosistein, yakni faktor risiko penyakit jantung.

Baca juga: TERNYATA TINGGI BADAN DAPAT MENYEBABKAN DIABETES TIPE-2

Add a Comment