Ayo Kenali Penyakit Jantung yang Diderita Bj Habibie

PrimaBerita – Presiden ketiga RI BJ. Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9). Dia meninggal dalam usia 83 tahun

Sejak Minggu (1/9), Habibie dirawat di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU). Pihak keluarga dan rumah sakit tak menyebut secara pasti penyakit yang membuat Habibie terbaring di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Bukan kali pertama ia diboyong ke rumah sakit, sebelumnya Maret 2018 Habibie sempat dirawat di klinik Starnberg di Munich, Jerman, karena kebocoran klep jantung. Kali ini hampir sama soal jantung. Kata Thareq Kamal, anak bungsu Habibie, kerja jantung sang ayah tak lagi mampu mengimbangi setelah didera aktivitas yang kelewat banyak. Usia Habibie sudah sepuh.

Masalah penyakit -terutama soal jantung- seperti yang dialami BJ Habibie memang tak bisa disepelekan. Kebocoran klep jantung seperti yang dialami Habibie ini menyebabkan adanya penumpukan cairan di paru-paru sampai 1,5 liter.

Kebocoran klep jantung

Katup atau klep jantung memiliki mekanisme seperti gerbang atau pintu satu arah. Klep jantung ini berfungsi untuk menjaga aliran darah yang berasal dari jantung agar mengalir dengan alur yang benar, baik antar katup atau keluar ke pembuluh darah.

Kebocoran klep jantung adalah kebocoran salah satu katup penutup jantung yang menyebabkan darah ‘bocor’ dan mengalir kembali ke jantung.

Secara umum, ada dua gangguan utama kelainan klep jantung, yaitu stenosis klep jantung, dan insufisiensi klep jantung atau regurgitasi.

Baca juga: Makanan Penyebab Kanker Otak. Ayo Hindari!

Add a Comment