PrimaBerita – Meski penyebab kanker otak belum diketahui secara pasti, tetapi pencegahan layak dilakukan. Ini termasuk mengurangi makanan yang bisa memperbesar risiko timbulnya kanker termasuk kanker otak. Berikut daftar makanan yang perlu diperhatikan dan dikurangi asupannya. 

Alkohol

Konsumsi alkohol secara reguler bisa mengarah pada timbulnya kanker. Deret kanker yang perlu diwaspadai konsumen alkohol antara lain, kanker tenggorokan, kanker hati, kanker payudara dan kanker kolon alias usus besar. 

National Cancer Institute menyebut risiko serangan kanker meningkat seiring dengan meningkatnya volume alkohol yang dikonsumsi. Sebuah analisis yang meneliti hampir 600ribu penenggak alkohol di 19 negara maju di seluruh dunia menyebut makin banyak alkohol yang dikonsumsi maka makin tinggi risiko segala jenis kanker yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Produk makanan yang terkontaminasi pestisida

Paparan zat kimia tak pelak meningkatkan risiko kanker. Sayuran dan buah dengan kontaminasi pestisida bisa menjadi makanan pemicu kanker otak. 

Daging olahan

Tanpa disadari, orang banyak mengonsumsi daging olahan antara lain, sosis, daging yang diawetkan, peperoni dan bacon. Mengutip dari Cancer Center, konsumsi 50 gram daging olahan setiap hari bisa meningkatkan risiko kanker kolorektal atau kanker kolon. 

Crystal Langlois, ahli gizi di Atlanta menyarankan untuk konsumsi daging yang diawetkan tanpa nitrat. 

Baca juga: Kematian! Salah Satu Resiko Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur