Ridwan Kamil Mengikuti Jejak Presiden Jokowi Pindah Ibu Kota JaBar

PrimaBerita – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana memindahkan ibu kota jabar dari Kota Bandung. Rencana itu telah mendapat persetujuan dari DPRD Jawa Barat 2019-2024. 

Wacana

“Wacana (pemindahan) pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi,” ujar Kang Emil

Ia mengatakan, alasan pemindahan itu tak berbeda dengan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Kang Emil menyebut Kota Bandung serupa dengan Kota Jakarta. 

“Sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi. Contohnya kantor-kantor pemerintahan cekclok (terpisah) dan tidak produktif,” katanya.

Lebih lanjut, Kang Emil mengatakan, kajian pemindahan ibu kota Jabar akan dilaksanakan dalam kurun waktu enam bulan ke depan. Kajian itu meliputi aksesibilitas hingga ketersediaan air. 

Temui Jokowi

Kemarin, Kang Emil menemui Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Salah satu tujuannya dalam memberikan masukan kepada pemerintah pusat terkait rencana pemindahan ibu kota negara.

“Masukannya, kalkulasinya, luas-luasan yang hasil pengalaman saya sebagai dosen perkotaan, asumsinya terlalu luas. Harus dikaji ulang. Jangan sampai menghasilkan kota yang terlalu luas, berorientasi mobil,” kata Kang Emil. 

Baca juga: Respon Ahok Rencana Pemindahan Ibu Kota Hingga Video Viralnya

Add a Comment