Penurun Kolesterol Dengan Suplemen! Aman, Sudah Terbukti

PrimaBerita – Mengendalikan kolesterol dapat menurunkan risiko terjadinya kematian akibat penyakit jantung. Prinsip pengobatan adalah dengan menjalani gaya hidup sehat; mengurangi konsumsi makanan berlemak, seperti gorengan dan daging; serta menggunakan obat-obatan penurun kolesterol, salah satunya suplemen penurun kolesterol.

Suplemen penurun kolesterol yang dijual bebas tanpa resep dokter bermanfaat untuk pasien dengan kenaikan kolesterol yang ringan, atau sebagai alternatif pengganti obat resep yang banyak menimbulkan efek samping.

Minyak ikan

Kandungan omega-3, termasuk EPA dan DHA, yang ada dalam minyak ikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Penelitian lebih lanjut menyebutkan bahwa konsumsi minyak ikan sebesar 250 mg/hari dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

American Heart Association merekomendasikan konsumsi omega-3 sebanyak 2-4 gram per hari untuk pasien dengan kadar trigliserida yang tinggi. Namun, penggunaan suplemen ini sebaiknya dihindari pada orang dengan riwayat alergi ikan atau makanan laut. Selain itu, suplemen minyak ikan terkadang juga dapat menimbulkan efek samping berupa nyeri lambung dan sering sendawa.

Baca juga: Pakai Ini! Ampuh Mengatasi Diabetes Melitus (Kencing Manis)

Add a Comment