Impor Daging Sapi 50.000 Ton! Keberadaan Peternak Sapi Lokal Terguncang

PrimaBerita – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita pernah mengklaim harga daging sapi Brasil jauh lebih murah dari daging impor negara lainnya terutama Brasil. Hal ini salah satu pertimbangan pemerintah memutuskan akan mengimpor daging sapi dari Brasil sebanyak 50.000 ton lewat penugasan ke BUMN. 

Penjelasan Enggar

“Mahalan Australia walaupun yang satu deket yang satu jauh. Tapi dengan masuk dari Brasil, mungkin dengan adanya saingan, Australia mungkin akan turunkan,” ujar Enggar di Nusa Dua, Bali

Sejak 2001, Indonesia belum pernah mengimpor daging sapi beku dari Brasil. Negeri Samba itu memang masih belum bersih dari status zone based dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Namun, Brasil merupakan eksportir daging sapi beku terbesar di dunia, bersaing ketat dengan India dan Australia. 

Pada 2018, dari total 5,76 juta ton daging sapi beku yang diperdagangkan di pasar internasional, 1,16 juta ton ( US$ 4,55 miliar) di antaranya berasal dari Brasil. Sementara 1,09 juta ton (US$ 3,32 miliar) berasal dari India dan 887 ribu ton (US$ 3,97 miliar) dari Australia. 

Baca juga: Kepala Bappenas Menyiapkan Payung Hukum dalam Pembangunan Ibu Kota Baru

Add a Comment