Rekor Baik, Harga Emas Melambung Tinggi. Ini Alasannya

Harga di Pasar Spot

Hari ini, harga di pasar spot masih melanjutkan penguatan sebesar 0,39% menjadi US$ 1.423 per troy ounce. Sekaligus mencetak rekor tertinggi sejak Mei 2013, setelah pekan lalu sempat mendekati posisi yang sama.

Selain emas Antam biasa, Antam juga menawarkan emas batik dan emas tematik serta menampilkan harga hariannya di situs yang sama. 

Harga Ukuran Dasar

Di sisi lain, Antam juga menjual emas batangan dengan dasar ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Emas tersebut ada di berbagai gerai yang tersedia di berbagai kota, dari Medan hingga Makassar. Harga dan ketersediaan emas di tiap gerai bisa berbeda. Harga tersebut sudah termasuk PPh 22 0,9%. 

Masyarakat bisa menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah yaitu 0,45%. Naiknya harga logam mulia ukuran kecil itu biasanya mengindikasikan risiko yang menguat kemarin.  

Faktor Pengaruh

Beberapa faktor yang memengaruhi harga logam mulia adalah nilai tukar rupiah, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga.  

Penguatan harga logam mulia Antam biasanya mencerminkan kecenderungan masyarakat untuk memburu emas ritel ketika kondisi tidak kondusif. Sehingga mencerminkan fungsi logam mulia sebagai instrumen yang dinilai lebih aman untuk masyarakat di dalam negeri.  

Baca juga: Terpilihnya Joko Widodo Menjadi Presiden RI, Rupiah Menguat

Add a Comment