Penyebab Bau Mulut yang Harus Diwaspadai

bau mulut


PRIMA BERITA – Bau mulut adalah masalah yang paling tidak disukai oleh semua orang, namun bau mulut ini terjadi hampir kepada semua orang loh. Tentu saja, masalah bau mulut menjadi masalah umum yang tentu saja ingin segera kita berantas, apalagi bau mulut membuat kepercayaan diri kita menurun terutama ketika bertemu dengan orang lain dan saling bicara.

Sebenarnya apa sih penyebab bau mulut? Dengan tahu apa yang menjadi penyebab bau mulut, maka kita juga akan dengan mudah bisa mencegah atau bahkan memberantas bau mulut. Penyebab bau mulut tuh dapat dilihat di bawah ini ya guys.

Stres

Stres merupakan hal yang sangat lumrah bagi setiap orang. Namun ketika sedang stress, tubuh kita akan memproduksi hormon stress lebih banyak, yaitu hormone adrenalin, norepinephrine dan kortisol. Kedua hormon tersebut akan bersama-sama mengubah produksi bakteri VSC (Volatile Sulphur Compound) yang berpengaruh besar terhadap bau mulut. Salah seorang ahli kebersihan gigi klinis, Anastia Turchetta, juga mengatakan bahwa bakteri VSC merupakan biang kerok dari pada bau mulut yang terjadi pada setiap mulut, dan produksi bakteri tersebut kebanyakan diakibatkan stress yang berlebihan.

Melewatkan makan

Berbicara tentang makan, apakah kamu tahu bahwa setiap harinya mulut mengfhasilkan sekitar tiga liter air liur? Air liur tersebut untuk membantu pencernaan, membawa kalsium dan fosfor untuk pertumbuhan gigi, dan melawan bakteri berbahaya. Namun ketika kita melewatkan makan, mulut tidak akan menghasilkan air liur yang cukup. Apabila tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, maka lemak di dalam tubuh akan dihancurkan menjadi keton yang mnyebabkan bau tak sedap. Awal pencernaan sebenarnya terjadi di mulut dan dilakukan oleh kelenjar ludah. Penurunan dari produksi air liur menyebabkan bau mulut, hal ini dikarenakan air liur membawa antimikroba yang mencegah bau mulut.

Amandel

Tahukah kamu bahwa setiap orang memiliki amandel atau tonsil, dan amandel ini sebenarnya berpengaruh pada bau mulut loh. Amandel merupakan bagian dari system kekebalan tubuh yang ada pada tenggorokan. Fungsi dari amandel adalah untuk menangkal infeksi dari bakteri atau virus yang berusaha masuk lewat mulut, hal ini lumrah terjadi pada anak-anak. Ketika bakteri berkumpul dan sisa makanan menumpuk dan masuk pada celah jaringan amandel, maka bau mulut juga akan keluar.

Add a Comment