Ini Sosok Marlene Dietrich, Tema Google Doodle Hari Ini

Primaberita.com – Tepat hari ini tanggal 27 Desember 2012, tema Google Doodle menampilkan sosok Maria Magdalene Dietrich atau lebih dikenal dengan nama Marlene Dietrich. Marlene merupakan aktris kelahiran Berlin, Jerman.

Namanya mulai dikenal ketika ia berperan sebagai Lola-lola dalam film “The Blue Angle” pada tahun 1930 dan dari situlah ia ditawarkan kontrak oleh rumah produksi film ternama Paramount Pitures.

Dengan kontraknya bersama Paramount Pitures, Marlene membintangi film-film Hollywod seperti “Marocco” pada tahun yang sama (1930), “Shanghai Express” dua tahun berselang (1932), dan film “Desire” pada tahun 1936.

Dimasa ketenaran nya, Marlene dianggap sebagai seorang musuh oleh negara kelahiran nya sendiri karena menentang kekejaman Nazi yang menjadi ideologi Jerman. Marlene pun memilih menjadi warga negara Amerika pada tahun 1939.

Atas keputusan nya itu ia terlibat dalam upaya propaganda anti-Nazi dan film-film yang di bintangi nya dilarang beredar di negara Jerman. Di masa hidupnya, Marlene pernah mendapatkan penghargaan sebagai penghibur USO dan dianugerahi Medali Kebebasan Amerika Serikat.

Selain Amerika, Marlene juga mendapat penghargaan dari pemerintah Perancis dengan memberikan medali French Légion d’Honneur atas jasa-jasanya yang membantu para pelarian dari Jerman dan Perancis yang hendak ditangkap pasukan Hitler.

Marlene Dietrich tutup usia pada 6 Mei 1992 di Paris, Perancis, pada usia 90 tahun. Pemakamannya dihadiri oleh sekitar 1.500 orang, termasuk duta besar Jerman, Rusia, Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara lain.

Add a Comment