Waspadai ! 5 Pelecehan Seksual Disekitar, Sering terjadi Tanpa Disadari

Pelecehan Seksual disekitar

PrimaBerita – Pelecehan seksual bisa terjadi dimana saja termasuk disekitar anda seperti sekolah, kantor, pasar, mall didalam bis ,kereta api dan transportasi lainnya bahkan bisa terjadi di dalam rumah. Untuk itu selalu waspadai dan kenali setiap pelecehan seksual yang ada.

Pelecehan seksual adalah perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seks yang Tak Diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks, dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada seks.

Berikut 5 Jenis Pelecehan Seksual yang Sering terjadi disekitar anda tanpa disadari :

1. Pelecehan Fisik

Pelecehan fisik bisa terjadi ketika seseorang menyentuh di bagian tubuh manapun tanpa persetujuan. Apalagi jika itu menyebabkan yang bersangkutan merasa tidak nyaman, hal tersebut merupakan pelecehan seksual yang sering tidak disadari.

Baca juga : Sering Demam Panggung? Yuk Hadapi Dengan Cara Ini

Sentuhan fisik seperti memegang pergelangan tangan, meremas pundak, atau mengelus lengan disebut adalah hal yang wajar. Namun perlakuan seperti ini harus dilakukan dengan persetujuan si pemilik tangan, pundak, atau lengan.

2. Pelecehan Verbal

Pelecehan verbal ini sering terjadi dikantor atau teman-teman yang suka bercanda berbau seksual tetapi membuat seseorang tidak nyaman. Namun, terkadang seseorang tidak tahu jika itu termasuk pelecehan seksual. Misalnya bersiul atau bahkan membahasa hal yang tidak perlu mengenai fisik seseorang.

3. Pelecehan Mental

Walaupun tak ada sentuhan fisik atau kata-kata tak pantas yang terlontar, memandangi seseorang dengan cara yang membuatnya tidak nyaman juga termasuk pelecehan. Misalnya melihat seseorang dari ujung kaki hingga ujung kepala apalagi memberikan wajah yang sini hal tersebut merupakan pelecehan.

Baca juga :  5 Langkah Untuk Mencegah Penularan Virus Corona

4. Pelecehan atau Kekerasan secara Ekonomi

Pelecehan yang satu ini sering terjadi di sekolah atau di kantor misalnya seorang bos yang melakukan pelecehan seksual kepada bawahannya dengan mengancam dipecat atau potong gaji.

Hal tersebut merupakan pelecehan seksual atau kekerasan secara ekonomi, karena akan membuat bawahan menjadi lebih was-was dalam bekerja.

5. Pelecehan di Dunia Maya

Sementara yang terakhir adalah kekerasan seksual di ranah digital atau online. Kata kuncinya adalah unwanted atau tidak diinginkan. Saat seseorang tidak nyaman dengan perbuatan seorang yang lain hal tersebut merupakan pelecehan walaupun tidak secara seksual.

Add a Comment