Dampak Buruk Akibat Sering Catok Rambut, Jangan Dibiasakan

dampak buruk akibat catok rambut

PrimaBerita – Biasanya bagi kebanyakan perempuan, catok merupakan alat yang sangat penting karena bisa membentuk rambut menjadi curly atau lurus. Namun tahukah anda ada dampak buruk akibat sering catok rambut. Memang akan membuat tampilan rambut anda rapi dan menarik tapi sebaiknya tidak perlu anda biasakan.

Meluruskan rambut merupakan bagian dari mode dan penataan rambut akhir-akhir ini. Namun, metode styling dengan alat catok rambut yang terlalu panas dan terlalu sering tidak terbukti bermanfaat bagi kesehatan rambut. Suhu panas yang secara terus menerus memapar helaian rambut akan membuatnya rusak.

Jadi catoklah rambut anda seperlunya, misalnya saat anda akan mengahadiri sebuah acara, menghadiri pesta atau hal lain yang memang mengutamakan penampilan anda harus tampak sempurna. Karena jika terlalu sering bisa menimbulkan dampak buruk bagi rambut anda.

Berikut Dampak Buruk Akibat Sering Catok Rambut :

Rusak permanen

Saat rambut sering anda catok dan terkena panasnya alat ini maka kekeringan pada rambut akan melemahkan struktur helai rambut anda juga. Rambut akan jadi lebih rentan patah, terutama ketika rambut menjadi sangat kering karena pelurusan. Melansir dari Hair Straightener Lab paparan panas dan bahan kimia lainnya akan membuat helaian rambut anda menjadi sangat lemah dan mudah patah.

Rambut kering

Saat anda melihat asap ketika mencatok rambut, itu bukan asap, melainkan kelembapan dari rambut anda yang menguap. Panas yang berasal dari catokan rambut dapat benar-benar menghilangkan kelembapan dari rambut anda, sehingga membuatnya sangat kering dan rapuh.

Melansir dari stylecraze.com, menggunakan catokan dan perawatan kimia secara teratur dalam waktu lama dapat menghilangkan minyak alami rambut dan membuat sangat kering dan rapuh.

Rambut kusam

Minyak alami dari kulit kepala dan kelembapan pada rambut anda bertanggung jawab atas kilau indah dan kesehatan rambut. Namun jika rambut terlihat selalu kusam, maka dapat dipastikan itu karena terlalu sering diluruskan.

Rambut kusam terjadi karena kurangnya minyak alami pada kepala yang melumasi rambut anda. Jika anda sering menggunakan catok secara rutin, maka hal itu akan menghabiskan minyak alami rambut anda dan membuat rambut menjadi kering dan kusam.

Rambut bercabang

Kerusakan dan kerontokan pada rambut dapat mengakibatkan terjadinya rambut bercabang, yang menyebabkan rambut anda terlihat tidak menarik. Ujung rambut yang bercabang biasanya terbentuk saat rambut lemah anda mulai patah dari tengah.

Kerontokan rambut

Kebiasaan mencatok rambut tidak hanya merusak rambut tetapi juga folikel rambut. Setelah folikel rambut rusak, maka mereka tidak akan cukup kuat untuk menahan akar rambut anda. Aplikasi panas dan bahan kimia dapat melemahkan folikel rambut yang menyebabkan rambut mulai rontok.  Bahkan bisa menyebabkan kebotakan.

Tekstur rambut berubah secara permanen

Tekstur rambut dapat berubah secara permanen hanya karena sering mencatok rambut. Perlu diingat, tidak ada obat untuk mendapatkan kembali keadaan sehat alami helai rambut anda.

Untuk menghindari kerusakan tekstur rambut, tidak ada cara lain selain menghindari catok rambut terlalu sering atau secara rutin.

Pertumbuhan rambut lebih lambat

Menggunakan rambut secara rutin dapat merusak kutikula rambut secara permanen. Hal inilah yang menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat.

Add a Comment