Ini Masalah Kesehatan Yang Rentan Dialami Ibu Hamil

Masalah Kesehatan Ibu Hamil

PrimaBerita – Selama kehamilan, beberapa wanita memiliki masalah kesehatan yang timbul bahkan ada pula yang sebelum hamil menyebabkan komplikasi. Masalah kesehatan yang rentan ibu hamil alami perlu anda perhatikan karena melibatkan kesehatan ibu dan bayi.

Biasanya masalah pada ibu hamil terkait kondisi kekebalan tubuh yang melemah. Ketika kondisi biasa, seseorang bisa menerima pengobatan lebih bebas sedangkan kehamilan membuat perawatan serba terbatas karena kekhawatiran tentang paparan janin.

Berikut kemungkinan Masalah Kesehatan Yang Rentan Ibu Hamil Alami :

Anemia

Anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah berada di bawah normal. Mengobati penyebab anemia akan membantu memulihkan jumlah sel darah merah yang sehat. Ibu hamil dengan anemia biasanya akan merasa lelah dan lemah. Ini dapat terbantu dengan mengonsumsi suplemen zat besi dan asam folat. Dokter akan merekomendasikan suplemen dan pola makan untuk memulihkan kondisi tubuh.

Hipertensi

Tekanan darah tinggi kronis yang tidak terkontrol dengan baik sebelum dan selama kehamilan membuat ibu hamil dan bayinya berisiko mengalami masalah. Hal ini terkait dengan peningkatan risiko komplikasi ibu seperti preeklampsia eksternal, solusio plasenta (ketika plasenta terpisah dari dinding rahim), dandiabetes gestasional.

Kesehatan Mental

Berikut beberapa depresi yang ibu hamil alami selama atau setelah kehamilan. Gejala depresi, meliputi:

  • Suasana hati yang rendah atau sedih
  • Kehilangan minat pada aktivitas yang menyenangkan
  • Perubahan nafsu makan, tidur, dan energi
  • Masalah dalam berpikir, berkonsentrasi, dan membuat keputusan
  • Perasaan tidak berharga, malu, ataupun bersalah
  • Pikiran bahwa hidup ini tidak layak untuk ia jalani.

Depresi yang berlanjut selama kehamilan dapat mempersulit ibu hamil untuk merawat tubunya  dan bayinya yang belum lahir. Memiliki depresi sebelum kehamilan juga merupakan faktor risiko depresi pascapersalinan.

Preeklampsia

Preeklamsia biasanya muncul  setelah 20 minggu kehamilan pada wanita yang memiliki tekanan darah normal sampai saat itu. Jika tidak anda obati maka dapat menyebabkan komplikasi serius bagi ibu dan bayi, termasuk kurangnya aliran darah yang tepat ke plasenta dan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Gejala preeklampsia yang umum adalah pembengkakan pada tangan dan kaki, yang sayangnya dapat juga terjadi selama kehamilan yang sehat. Lainnya termasuk sesak napas, sakit kepala dan volume air urine yang keluar kurang dari biasanya.

Diabetes

Mengembangkan diabetes gestasional akan menempatkan ibu hamil terkenadiabetes tipe 2. Ibu hamil dengandiabetes gestasional perlu melakukan program penurunan berat badan yang ketat untuk mengelola penyakit selama kehamilan dan pasca kehamilan untuk mengetahui tanda-tanda penyakitdiabetes tipe 2.

 

Add a Comment