Awas Keracunan ! Makanan Ini Tidak Boleh Anda Panaskan Kembali

makanan tidak boleh anda panaskan

PrimaBerita – Biasanya saat makanan yang anda masak tidak habis akan maka makanan tersebut akan anda panaskan agar bisa anda konsumsi kembali. Padahal ada beberapa makanan yang tidak boleh anda panaskan kembali karena bisa menjadi racun.

Memanaskan makanan memang sangat baik karena bisa membuat makanan tersebut tidak basi namun sangat penting untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa anda panaskan.  Agar tidak menimbulkan berbagai penyakit yang membahayakan tubuh bahkan beracun.

Berikut Makanan yang Tidak Boleh Anda Panaskan Kembali Setelah Dimasak

Nasi

Menurut Foods Standards Agency (FSA), seseorang bisa menderita keracunan makanan dengan makan nasi yang telah dipanaskan kembali. Hal ini terjadi karena adanya bakteri yang sangat resisten yaitu Bacillus Cereus. Panas membunuh bakteri ini, tetapi dapat menghasilkan spora yang bersifat racun.

Setelah nasi yang anda panaskan kembali dan anda biarkan pada suhu kamar, setiap spora yang yang tekandung dalamnya dapat berkembang biak, selanjutnya menyebabkan keracunan makanan saat dikonsumsi.

Sayuran kaya nitrat

Hindari memanaskan sayuran dengan nitrat yang tinggi termasuk sayuran berdaun hijau dan lainnya seperti wortel, lobak dan seledri. Sayuran yang kaya nitrat jika anda panaskan lagi dapat berubah menjadi racun, melepaskan sifat karsinogenik, yang umumnya bersifat kanker.

Bayam mengandung zat besi dalam jumlah tinggi, karenanya memanaskan kembali bayam dapat mengoksidasi zat besi yang ada dalam bayam. Oksidasi besi menghasilkan radikal bebas berbahaya yang bisa menyebabkan banyak penyakit termasuk infertilitas dan kanker.

Telur

Telur rebus atau telur yang anda masak dapat menyebabkan kerusakan serius jika terkena panas berulang kali.  Jika anda memasak telur sebaiknya langsung anda makan. Jika ingin anda simpan sebaiknya jangan anda panaskan ulang akan sangat baik jika anda makan saja karena makanan berprotein tinggi banyak mengandung nitrogen. Nitrogen ini dapat teroksidasi karena pemanasan ulang, yang selanjutnya menyebabkan kanker.

Ayam

Komposisi protein dalam ayam ini benar-benar berubah ketika anda keluarkan dari lemari es untuk anda panaskan. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan anda.

Kentang

Jika kentang anda panaskan maka kemungkinan menghasilkan Clostridium Botulinum (bakteri penyebab Botulisme). Memang kentang adalah sumber yang kaya akan vitamin B6, kalium dan vitamin C namun jika anda membiarkan kentang matang dalam suhu kamar maka produksi bakteri juga akan meningkat. Jika ingin menghindari pertumbuhan bakteri, yang terbaik adalah menyimpannya dalam lemari es atau membuangnya jika tidak anda konsumsi dalam waktu 1-2 hari.

Jamur

Setelah jamur anda masak akan sangat baik jika langsung anda konsumsi. Jamur tidak boleh anda simpan dan anda konsumsi pada hari berikutnya karena merupakan pembangkit tenaga protein dan memiliki banyak mineral dan dengan memanaskannya kembali akan memecah protein ini lebih lanjut yang menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan. Oleh karena itu pemanasan mereka akan menghasilkan racun yang mengandung nitrogen teroksidasi dan radikal bebas.

Minyak zaitun

Salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3 adalah minyak pres dingin seperti minyak biji rami, minyak zaitun, dan minyak canola. Lemak omega-3 sangat sensitif terhadap suhu karena bisa pecah dan menjadi tengik 40 derajat celcius keatas. Oleh karena itu, jangan pernah memanaskan minyak pres dingin sebelum dikonsumsi.

Add a Comment